Find Us On Social Media :

Kenapa Burung Unta Dijuluki sebagai Burung Pembalap? #AkuBacaAkuTahu

Burung unta adalah unggas pelari yang punya sepasang sayap tapi tak bisa terbang. Kemampuan larinya digunakan untuk melindungi diri dari predator.

GridKids.id - Burung unta atau ostrich memiliki nama ilmiah Struthio camelus merupakan burung yang pandai berlari.

Umumnya burung (aves) adalah satwa yang bisa terbang di udara, namun burung unta ini adalah unggas pelari yang berasal dari padang sabana di gurun Afrika Utara.

Dilansir dari buku Fakta Menarik Hewan oleh Oktavian Kasih Kumala Dewi (2018), burung unta adalah burung yang punya tubuh besar dengan berat antara 65-140 kg dengan tinggi bisa mencapai 2,5 meter.

Kaki burung unta panjang dan besar, berleher panjang, dengan sepasang sayap yang lebar dengan kepala yang berukuran kecil.

Kaki burung unta punya ukuran yang besar dan bermanfaat untuk menumpu tubuhnya yang besar dan berat.

Sayap milik burung unta ini bukan digunakan untuk terbang seperti burung pada umumnya, melainkan untuk menjaga keseimbangan ketika burung ini berlari dari kejaran predator.

Predator burung unta misalnya serigala, macan, singa, harimau, dan lain sebagainya. 

Ketika burung unta berlari searah mata angin, burung unta akan melebarkan sayapnya untuk memanfaatkan kekuatan angin untuk mendukung kecepatan larinya.

Prinsip ini mirip dengan layar yang dimanfaatkan oleh kapal layar yang mengembang di tengah laut.

Sayap burung unta enggak hanya digunakan untuk berlari, sayap digunakan untuk melindungi diri dari terik matahari dan melindungi anak-anaknya.

Lalu, seperti apakah fakta menarik burung unta yang dikenal sebagai burung pembalap?

Baca Juga: 7 Hewan Endemik Benua Afrika, dari Burung Unta hingga Badak Putih