Find Us On Social Media :

Operasi Pasar Terbuka: Pengertian, Jenis-Jenis dan Cara Kerjanya

kegiatan bank sentral untuk membeli atau menjual surat berharga pemerintah untuk mempengaruhi jumlah uang yang beredar dalam perekonomian

GridKids.id - Kids, kita akan mempelajari soal Operasi Pasar Terbuka (OPT).

Apa itu operasi pasar terbuka ?

Merupakan kegiatan jual beli surat berharga pemerintah oleh bank sentral baik di pasar primer maupun sekunder melalui mekanisme lelang maupun non lelang.

Mengutip web Bank Indonesia, operasi pasar terbuka (OPT) adalah kegiatan transaksi di pasar uang atau pasar valuta asing yang dilakukan oleh Bank Indonesia dengan Bank dan pihak lain untuk operasi moneter (OM) secara konvensional dan berdasarkan prinsip syariah. 

Pelaksanaan OPT Rupiah dibagi menjadi dua yaitu OPT absorbsi dan OPT injeksi dengan mempertimbangkan kondisi likuiditas di sistem perbankan baik konvensional maupun syariah.

OPT absorbsi dilakukan untuk menyerap kelebihan likuiditas.

Sementara OPT injeksi dilakukan untuk menambah ketersediaan likuiditas guna menjaga keseimbangan kondisi likuiditas untuk mendukung pencapaian sasaran OM.

OPT dapat dilaksanakan secara reguler dan non reguler.

a. OPT reguler adalah OPT yang dilakukan secara terjadwal melalui lelang.

b. OPT non-reguler adalah OPT yang dapat dilaksanakan sewaktu-waktu (fine-tune operation) untuk memperkuat pencapaian sasaran OM yang dilakukan melalui pelaksanaan OPT reguler. 

Tujuan operasi pasar terbuka

Baca Juga: Jawaban Lembar Aktivitas IPS Kelas 11 SMA: Topik Pasar Terbuka

Berikut 3 tujuan diterapkannya operasi pasar terbuka dalam kebijakan moneter: