Find Us On Social Media :

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Informatika Kelas 7 SMP

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terus berkembang dari waktu ke waktu. Seperti apakah perkembangannya?

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Informatika Kelas 7 SMP bab 8 masuk ke pembahasan Dampak Sosial Informatika.

Dalam buku materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 8 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 217-221 membahas tentang Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Teknologi Informasi (TI) merupakan teknologi yang menggunakan komputer untuk menyimpan, mengambil, dan mentransmisikan (mengirimkan) data atau informasi.

TI secara umum merupakan sistem informasi dan sistem komunikasi atau sistem komputer yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, dan peralatan peripheral yang digunakan oleh pengguna tertentu.

Supaya bisa berinteraksi dengan perangkat lain, TI akan ditambah dengan peralatan komunikasi seperti jaringan komputer, telekomunikasi, dan internet.

Dengan tambahan peralatan komunikasi tersebut, penggunanya bisa berkomunikasi dan mentransmisikan informasi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

TI yang ditambahkan dengan peralatan komunikasi disebut dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Manusia sebenarnya sudah melakukan pekerjaan menyimpan, mengambil, memanipulasi, dan mentransmisikan informasi sejak zaman bangsa Sumeria yang hidup di Mesopotamia.

Pada sekitar 3000 SM, orang-orang dari peradaban Sumeria sudah mengembangkan aksara atau tulisan.

Istilah TI dalam pengertian modern dikenalkan dengan definisi: teknik pemrosesan, penerapan metode statistik dan matematika untuk pengambilan keputusan, dan simulasi pemikiran tingkat tinggi menggunakan program komputer.

Lalu, seperti apakah perkembangan dari TIK dari waktu ke waktu?

Baca Juga: Perangkat Jaringan Komputer dan Internet, Informatika Kelas 7 SMP