Find Us On Social Media :

Jawaban Lembar Aktivitas IPS Kelas 11 SMA: Topik Pasar Terbuka

erupakan sebuah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli, yang menyebabkan adanya kegiatan transaksi untuk memenuhi kebutuhan.

GridKids.id - Kids, kita akan menjawab lembar aktivitas materi Ekonomi kelas 11 SMA dengan topik operasi pasar terbuka. 

1. Apa yang kalian tahu tentang pasar terbuka?

Operasi Pasar Terbuka (OPT) adalah kegiatan transaksi di pasar uang atau pasar valuta asing yang dilakukan oleh Bank Indonesia dengan bank atau pihak lain untuk Operasi Moneter secara konvensional dan berdasarkan prinsip syariah. 

Pasar terbuka adalah kondisi pasar yang pembentukan harganya terjadi semata-mata atas dasar persaingan bebas tanpa adanya batasan dari pembeli ataupun penjual. 

Pasar terbuka biasanya ditandai dengan tidak adanya tarif, pajak, persyaratan lisensi, subsidi, dan peraturan lain yang mengganggu operasi yang berjalan seperti biasa.

Di pasar terbuka, penetapan harga barang atau jasa sebagian besar didorong oleh prinsip penawaran dan permintaan, dengan campur tangan terbatas atau pengaruh luar dari konglomerat besar atau lembaga pemerintah.

Pasar dirancang untuk menghilangkan diskriminasi terhadap impor dan ekspor.

Pembeli dan penjual dari ekonomi yang berbeda dapat secara sukarela berdagang tanpa pemerintah menerapkan tarif, kuota, subsidi, atau larangan barang dan jasa, yang merupakan hambatan besar untuk masuk dalam perdagangan internasional.

2. Apa yang akan terjadi apabila bank sentral menjual surat berharga pemerintah kepada masyarakat?

Jika bank sentral menjual surat berharga, harganya jatuh, suku bunga naik, dan jumlah uang beredar menurun.

Berarti bank sentral bermaksud mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Baca Juga: Jawab Pertanyaan IPS Kelas 10 SMA: 5 Langkah agar Dapat Berinvestasi di Pasar Modal