Find Us On Social Media :

Mengetahui 4 Jenis Ras di Dunia Serta Ciri-Ciri Fisik Hingga Sikap

Ras Mongoloid umumnya memiliki ciri fisik kulit berwarna kuning dan sawo matang.

GridKids.id - Kata Ras berasal dari bahasa Perancis 'Razza'. Artinya perbedaan variasi penduduk berdasarkan dari tampilan fisik. 

Seperti bentuk dan warna rambut, warna mata, warna kulit, bentuk mata, dan bentuk tubuh.

Pengertian ras yang lain mengacu pada perawakan yang terlihat secara fisik atau sikap sebuah kelompok, yang seringkali menggambarkan penduduk dari suatu geografi tertentu.Tapi secara umum Ras adalah pengelompokan berdasarkan ciri biologis, bukan berdasarkan cirri-ciri sosiokultural.

Dengan kata lain, ras berati segolongan penduduk suatu daerah yang mempunyai sifat-sifat keturunan tertentu berbeda dengan penduduk daerah lain.

Macam-macam Ras menurut Kroeber :

1. Ras Mongoloid (Berkulit Kuning)

Ras ini sebagian besar menetap di Asia Timur, Asia Utara, Asia Tenggara, Madagaskar di lepas pantai timur Afrika, beberapa bagian India Timur Laut, Eropa Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Oseania.

Ras manusia jenis ini pada umumnya memiliki ciri-ciri fisik kulit berwarna kuning atau sawo matang.Ciri khas utama anggota ras ini ialah rambut berwarna hitam yang lurus, bercak mongol pada saat lahir dan lipatan pada mata yang seringkali disebut mata sipit.

Selain itu anggota ras manusia ini seringkali juga lebih kecil dan pendek daripada ras Kaukasoid.

Baca Juga: 10 Faktor Penyebab Keberagaman Indonesia, Salah Satunya Letak Strategis

2. Ras Negroid (Berkulit Hitam)

Ras Negroid merupakan ras manusia yang ciri-ciri umumnya adalah kulit berwarna hitam dan berambut keriting.