Find Us On Social Media :

Perkakas Pengolah Lembar Kerja, Materi Informatika Kelas 7 SMP

Perkakas pengolah lembar kerja bisa dianggap sebagai worksheet atau aplikasi pengolah data, seperti Microsoft Excel.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Informatika Kelas 7 SMP masih membahas tentang Bab 6 tentang Analisis Data.

Dalam buku materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 6 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 143-145 akan mengenalkanmu dengan perkakas pengolah lembar kerja.

Tapi, sebelum masuk ke materi ini kamu mungkin harus membuka kembali artikel tentang pengolaan file dan folder yang telah kamu pelajari bersama GridKids sebelumnya.

Perkakas akan kamu temukan ketika membuka aplikasi Microsoft Excel pertama kali lalu akan muncul tampilan template Blank Workbook yang bisa dipergunakan.

Blank Workbook akan menampilkan halaman worksheet kosong seperti gambar di atas untuk menyimpan dokumen Worksheet ini pilihlah menu File lalu Save As.

Biasakan untuk segera menyimpan hasil kerja di tahap atau proses penting dan enggak menunggu sampai selesai mengerjakannya supaya mengurangi risiko kehilangan hasil kerja karena human/device error.

Dokumen worksheet ini bisa disimpan di mana pun yang kamu inginkan dengan memilih menu Browse lalu klik folder penyimpanan yang kamu inginkan dalam komputer.

Dokumen bisa digabungkan atau disimpan di satu folder yang sama atau berbeda, tergantung keperluan atau tujuan penyimpanannya.

Lalu, bagaimana cara menggunakan halaman Worksheet pada aplikasi lembar kerja Microsoft Excel?

Penggunaan Worksheet

a. Bagian 1 menunjukkan Quick Access Toolbar, yang menampilkan menu atau fitur yang sering dipergunakan.

Baca Juga: Mengenal Data: Pengertian dan Satuannya, Informatika Kelas 7 SMP