Find Us On Social Media :

13 Fakta Menarik Listrik, Energi yang Bermanfaat untuk Kehidupan Bumi

Listrik menjadi salah satu jenis energi yang bermanfaat mendukung kehidupan manusia sehari-hari. Apa saja fakta menariknya?

GridKids.id - Listrik adalah salah satu sumber energi yang mendukung kehidupan manusia setiap harinya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), listrik adalah daya atau kekuatan yang ditimbulkan oleh adanya pergesekan atau melalui proses kimia, dapat digunakan untuk menghasilkan panas atau cahaya atau untuk menjalankan mesin.

Listrik menjadi salah satu topik pembahasan dan riset ilmiah dalam ilmu fisika yang terus diteliti dan dikaitkan dengan hukum sains lainnya.

Listrik dan semua hal-hal yang berkaitan dengannya berasal dari atom, sebuah partikel terkecil yang membentuk elemen alam semesta.

Keberadaan listrik memungkinkan banyak orang bisa beraktivitas dengan aman di malam hari dan bebas dari kegelapan.

Tak hanya bisa menerangi dunia, listrik juga memastikan berbagai peralatan listrik bisa bekerja dan berfungsi seperti seharusnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan berbagai fakta menarik tentang energi listrik yang ada di sekitarmu. Apa saja, ya?

Fakta Menarik tentang Energi Listrik

1. Thomas Alfa Edison diklaim sebagai orang pertama yang menemukan listrik, namun sebenarnya Benjamin Franklin adalah tokoh penemu yang pertama kali menemukan energi listrik.

Penemuan Benjamin Franklin waktu itu belum bisa dirubah atau dikonversi menjadi energi listrik dan baru bisa dilakukan oleh Thomas Alva Edison.

2. Power plant pertama dibangun oleh Thomas Alva Edison di New York pada 1882.

Baca Juga: Penghematan dan Pencegahan Bahaya Penggunaan Listrik, IPA Kelas 9 SMP