Find Us On Social Media :

12 Nama-Nama Bulan dalam Bahasa Rusia, Aksara dan Cara Bacanya

Bahasa Rusia menjadi salah satu bahasa dengan penutur terbanyak di dunia. Apa saja nama-nama Bulan dalam satu tahun di bahasa Rusia?

GridKids.id - Hai, Kids, kembali lagi bersama GridKids untuk belajar bersama bahasa asing, kali ini kita akan belajar bahasa Rusia.

Bahasa Rusia merupakan salah satu bahasa resmi yang digunakan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Bahasa rusia memiliki sekitar 278 juta penutur dan menjadi negara kelima sebagai negara dengan jumlah penutur terbanyak.

Alfabet yang digunakan pada bahasa Rusia adalah Aksara kiril yang sudah dipergunakan dalam abjad di seluruh Eropa Timur dan Asia Tengah.

Alfabet kiril sebagai sistem penulisan dikembangkan pada abad ke-9 sampai abad ke-10 M untuk orang-orang berbahasa Slavia dari kepercayaan Ortodoks Timur.

Aksara kiril dianggap sebagai pendahulu Bahasa Rusia yang dikembangkan oleh murid-murid dari Cyril dan Methodius.

Cyril dan Methodius ditugasi untuk membuat naskah tertulis untuk Bahasa Slavia untuk menerjemahkan Alkitab dan membagikannya pada orang-orang Slavia.

Bahasa Rusia awalnya berasal dari Bahasa Slavia yang enggak hanya dituturkan di Rusia, tapi juga di menjadi bahasa resmi di berbagai negara seperti di Belarus, Uzbekistan, Kazakhstan, Kyrgyzstan.

Ketika itu alfabet Kiril terdiri dari huruf-huruf alfabet Yunani dan tambahan yang dimaksudkan tapi enggak bisa ditemukan dalam bahasa Yunani.

Alfabet kiril terdiri dari 33 huruf, 11 huruf vokal, 20 huruf konsonan, dan dua tanda pelafalan.

Nama-Nama Bulan dalam Bahasa Rusia

Baca Juga: 5 Bahasa yang Tersulit untuk Dipelajari di Dunia, Tertarik Belajar?