Find Us On Social Media :

Koneksi Internet: Cara Membuat Koneksi Tethering, Informatika Kelas 7 SMP

Tethering adalah cara membuat koneksi dengan menjadi ponsel sebagai modem.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 5 masih membahas tentang jaringan komputer dan internet.

Dalam buku materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 5 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 122- 126 membahas tentang tethering.

Tethering atau Phone-as-modem (PAM) adalah berbagi koneksi internet perangkat seluler (smartphone, tablet, dan lainnya) dengan komputer/perangkat selular lain.

Tethering akan membuat perangkat seluler kita berperan sebagai modem (modulator demodulator).

Modem adalah alat yang mampu menjadi media transmisi atau saluran untuk bisa berkomunikasi dengan perangkat lain, dalam hal ini modem akan menjadi media transmisi sehingga perangkat lain bisa terhubung dengan internet.

Koneksi perangkat seluler dengan tethering bisa dilakukan dengan Wireless LAN (Wi-Fi), Bluetooth, atau dengan koneksi fisik menggunakan kabel, misalnya melalui kabel Universal Serial Bus (USB).

Setelah terkoneksi dengan tethering, ponsel yang bertindak sebagai router data terkoneksi dengan beberapa komputer/ponsel/tablet.

Perangkat yang terkoneksi melalui tethering bisa terhubung dengan internet.

Tethering membutuhkan ponsel yang memiliki chip Wi-Fi yang biasanya telah tertanam pada ponsel.

Koneksi antara perangkat lain ke smartphone yang digunakan sebagai tethering yang digambarkan dengan tanda petir bisa menggunakan Wi-Fi, bluetooth, atau kabel.

Untuk bisa memulai sebuah koneksi tethering, kamu perlu beberapa hal, seperti ponsel dengan koneksi internet, laptop yang sudah terinstal sistem operasi, dan laptop dengan koneksi Wireless LAN.

Baca Juga: Koneksi Internet: Cara Menghubungkan Wi-Fi ke Ponselmu, Informatika Kelas 7 SMP