Find Us On Social Media :

Ditemukan Lubang Hitam Supermasif Berukuran 1 Miliar Kali dari Massa Matahari, Ini Fakta Menariknya

Ilmuwan menemukan lubang hitam supermasif yang berukuran 1 miliar kali lebih besar dari massa Matahari. Apa saja faktanya?

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah mengetahui hal-hal yang diperhatikan oleh para astronom ketika mencari lubang hitam di jagat raya.

Kali ini kamu akan membahas tentang temuan lubang hitam atau blackhole terbaru yang disebut-sebut sebagai lubang hitam supermasif.

Lubang hitam ini diperkirakan 1 milyar kali lebih besar daripada massa Matahari dan mengintai di ujung alam semesta kita.

Temuan lubang hitam ini berhasil diidentifikasi oleh astronom dari University of Texas dan University of Arizona di Amerika Serikat.

Penemuan galaksi dan lubang hitam sebagai pusatnya ini menghadirkan petunjuk baru tentang formasi dari lubang hitam supermasif yang pertama.

Dilansir dari laman blog.physics-astronomy.com, temuan ini dipublikasikan di Monthly Notices of the Royal Astronomical Society dan observasinya menggunakan Atacama Large Milimeter Array (ALMA).

ALMA adalah sebuah observator radio yang berlokasi di Chile, Amerika Selatan, yang berhasil menemukan galaksi baru yang dinamai COS-87259.

Pada temuan ini termasuk juga sebuah lubang hitam supermasif yang berupa konstelasi bintang sebanyak 1.000 kali lebih banyak dari Bima Sakti yang kita tempati.

Selain itu, galaksi COS-87529 juga memiliki lebih dari milayaran masa Matahari dari debu kosmik.

Galaksi ini bersinar sangat terang dari ledakan bintang yang terbentuk dan tumbuh menjadi lubang hitam supermassive sebagai intinya.

Lalu, apa saja yang perlu kamu ketahui tentang temuan lubang hitam di galaksi COS- 87259?

Baca Juga: Menemukan Lubang Hitam di Jagat Raya, Ternyata Para Astronot Perhatikan Hal Ini