Find Us On Social Media :

1 Maret Diperingati sebagai Hari Padang Lamun Sedunia, Apa itu Lamun dan Manfaatnya?

1 Maret diperingati sebagai hari padang lamun sedunia (World Seagrass Day) oleh PBB sejak Mei 2022.

GridKids.id - Hari ini 1 Maret 2023 diperingati sebagai Hari Padang Lamun Sedunia.

Dilansir dari laman un.org, pada Mei 2022, menurut majelis umum PBB menetapkan 1 Maret sebagai Hari Padang Lamun Sedunia.

Penetapan ini mempertimbangkan urgensi untuk meningkatkan kesadaran semua pihak untuk mempromosikan dan melakukan konservasi demi lingkungan yang lebih sehat di masa depan.

Padang lamun adalah tumbuhan berbunga (Angiospermae) yang bisa hidup di laut dangkal, memiliki organ akar, batang, juga daun.

Lamun dikenal sebagai tanaman yang punya kemampuan beradaptasi secara penuh pada perairan yang punya salinitas tinggi, seperti air laut.

Meski dalam bahasa Inggris lamun disebut seagrass, tanaman ini berbeda dengan rumput laut, lo, Kids.

Wilayah laut yang ditumbuhi hamparan lamun disebut dengan padang lamun (seagrass bed) terbagi lagi menjadi satu spesies (monospesific di wilayah beriklim sedang) dan lebih dari satu spesies (multispecific di wilayah tropis).

Umumnya, tumbuhan lamun punya ciri-ciri berupa daun yang mirip pita, lidi, atau bulat yang memiliki sistem akar menjalar dengan rimpang yang berbuku-buku dan tumbuh di dalam sedimen wilayah laut.

Lamun merupakan salah satu penyerap karbon paling efisien dan punya manfaat besar bagi kehidupan manusia.

Enggak hanya itu, padang lamun juga bisa menciptakan ruang untuk banyak organisme untuk berkembang membentuk sebuah kesatuan ekosistem di laut dangkal.

Lalu, seperti apa sebaran dan karakteristik padang lamun yang kini terancam punah habitatnya ini?

Baca Juga: Mengenal Terumbu Karang, Rumah bagi Jutaan Spesies Biota Laut