Find Us On Social Media :

Bilangan Biner dan Contohnya di Sekitar Kita, Informatika Kelas 7 SMP

Sistem bilangan biner menjadi salah satu representasi segala informasi yang ada dalam sebuah komputer.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Informatika kelas 7 SMP masih membahas bab 4 tentang sistem komputer.

Dalam buku materi Informatika Kelas 7 SMP bab 4 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud hlm. 100-105 akan membahas tentang bilangan biner.

Sistem bilangan biner memainkan peran penting pada komputer karena bilangan biner ini adalah representasi semua jenis informasi yang disimpan di komputer.

Memahami representasi biner bisa mengangkat banyak misteri dari komputer karena pada dasarnya komputer hanya mesin untuk menghidupkan dan mematikan digit biner.

Komputer merupakan mesin sederhana dan membutuhkan instruksi yang tepat untuk membuatnya melakukan tugas atau perintah yang rumit.

Pertama, sistem bilangan desimal menggunakan 10 sebagai basis dan angkanya berkisar dari 0 hingga 9 sehhingga jika melihat nilai tiga digit angka 287 (dua ratus delapan puluh satu), digitnya terdiri atas:

- 2x100^3

- 8x10^1

- 7x1^0

Dari kanan ke kiri, angka akan bertambah dengan faktor 10 atau dengan 10 pangkat bilangan terurut dari (0,1,2,3, ....dst).

Lalu, apa saja contoh-contoh penggunaan sistem biner di sekitarmu?

Baca Juga: Permasalahan dan Spesifikasi Perangkat Keras, Informatika Kelas 7 SMP