GridKids.id - Kids, artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 4 akan membahas tentang sistem komputer.
Dalam buku materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 4 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 71-75 akan bersama membawamu ke pengantar sistem komputer dan penjelasan tentang perangkat keras (hardware).
Komputer berasal dari kosa kata bahasa Inggris yaitu to compute yang berarti menghitung.
Kini komputer dilihat sebagai perangkat elektronik yang bisa menerima input data atau perintah dan menyimpan data dalam penyimpanan sekunder (secondary storage).
Komputer berkembang menjadi sistem komputer yang jadi kombinasi dari perangkat keras dan perangkat lunak yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.
Perangkat keras (hardware) merupakan komponen fisik dari sebuah komputer, sedangkan perangkat lunak (software) merupakan program yang berjalan di perangkat keras itu.
Sebuah sistem komputer membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk bisa berfungsi.
Enggak hanya komponen internal komputer, perangkat keras tambahan juga diperlukan pengguna untuk berkomunikasi dengan sistem lewat input dan output.
Perangkat lunak dalam sistem komputer memungkinkan perangkat keras berfungsi dan pengguna bisa melakukan tugasnya.
Perangkat lunak dalam sistem komputer terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
Nah, kali ini kamu akan diajak untuk belajar bersama tentang perangkat keras (hardware) sistem komputer, di antaranya:
Baca Juga: Perkembangan Perangkat Aplikasi Perkantoran, Informatika Kelas 7 SMP
Perangkat Keras - Hardware
Perangkat keras merupakan perangkat komputer yang punya wujud fisik nyata, bisa disentuh atau dipindahkan, bisa berguna sebagai perangkat masukan (input), keluaran (output), pemroses (processor), memori dan penyimpan (storage).
Nah, kali ini kamu akan diajak melihat jenis-jenis perangkat keras yang termasuk dalam perangkat masukan atau input devices, di antaranya:
1. Mouse (Tetikus)
Mouse digunakan untuk menggerakkan dan mengatur posisi kursor di layar komputer.
Pengoperasian mouse ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti:
- Tunjuk (point), posisikan mouse akan menunjuk ke suatu objek antarmuka di layar komputer.
- Klik kiri (left click): menekan tombol mouse sekali dan segera melepaskannya.
- klik ganda (double click): menekan tombol mouse dua kali berurutan dengan cepat tanpa menggeser mouse.
- klik kanan (right click): klik kanan bisa dilakukan satu kali untuk menampilkan menu-menu tertentu.
- seret (drag): digunakan untuk memindahkan suatu objek antarmuka, seperti gambar, ikon, teks, dan sebagainya.
Baca Juga: CPU: Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagiannya
Tunjuk objek yang akan dipindah sambil menekan tombol kiri mouse lalu geser mouse sesuai yang dikehendaki, setelah pas lepas tombol mousenya.
2. Keyboard
Keyboard merupakan papan tombol atau alat yang memungkinkan penggunanya untuk memasukkan karakter (character) ke dalam komputer berupa huruf, angka, maupun simbol.
Keyboard konvensional punya beberapa kelompok tombol sebagai berikut, di antaranya:
- Typewriter Keys: tombol untuk mengetik yang terdapat huruf (alfabet), angka (numerik), dan tanda baca (punctuation).
- Functions Keys: tombol F1 hingga F2 yang terletak di keyboard bagian atas untuk fungsi khusus.
- Numeric Keypad: tombol khusus angka (numeric), tombol operator aritmatika seperti perkalian, penjumlahan, pembagian, dan pengurangan.
Numeric keypad juga memiliki pengendali kursor jika tombol numlock hidup.
- Cursor control keys: tombol untuk mengendalikan kursor
- System keys: tombol yang berkaitan dengan sistem
- Application keys: tombol yang berkaitan dengan aplikasi
Baca Juga: Struktur dan Representasi Data pada Komputer, Informatika Kelas 7 SMP
- Enter Keys: tombol Enter
- Other: tombol lain seperti delete, insert, dan lain sebagainya.
Keyboard akan bekerja ketika ditekan, karena jemari kita akan menekan lapisan karet yang ada di bawahnya.
Karet itu terhubung ke sebuah chip yang bertugas mentransmisikan sinyal yang diperoleh ketika tombol ditekan.
Sinyal yang ditransmisikan ini berupa kode-kode biner yang akan diterjemahkan oleh Central Processing Unit (CPU) dengan mengacu data yang tersimpan di Read Only Memory (ROM) untuk ditampilkan pada layar monitor.
Pertanyaan: |
Apakah yang dimaksud dengan hardware dan software? |
Petunjuk, cek lagi page 1. |
----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.