Find Us On Social Media :

Perkembangan Perangkat Aplikasi Perkantoran, Informatika Kelas 7 SMP

Perangkat pengolah kata terus berkembang selama beberapa dekade terakhir. Seperti apa perkembangannya?

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 3 tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Dalam buku materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 3 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 59-61 tentang aplikasi perkantoran.

Aplikasi perkantoran adalah kumpulan aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas.

Aplikasi ini umumnya dibundel dan didistribusikan bersama-sama, memiliki antarmuka pengguna yang konsistem dan hasil dari satu aplikasi bisa diintegrasikan dengan yang lain.

Aplikasi perkantoran paling awal dikembangkan pada 1980-an oleh Micropro International bernama Starburst, seperti pengolah kata WordStar, CalcStar (spreadsheet), dan DataStar (database).

Beberapa paket aplikasi lain muncul pada 1980-an seperti Word Perfect, ChiWriter, dan lain sebagainya.

Lalu, pada 1990-an, muncul Microsoft Office yang hingga saat ini mendominasi pasar dengan MS Word, MS Excel, dan MS Power Point.

Aplikasi perkantoran biasanya punya paket perangkat lunak pengolah kata, pengolah lembar kerja (spreadsheet), dan program presentasi.

Komponen dari aplikasi perkantoran meliputi: perangkat lunak database, paket grafik, penerbitan (publisher), pembuatan diagram, surel untuk klien, perangkat lunak komunikasi, dan perangkat lunak manajemen proyek.

Perkembangan Macam-Macam Aplikasi Perkantoran

Perangkat Lunak Pengolah Kata

Baca Juga: Dianggap Sepele, Ini 5 Kesalahan Merawat Laptop yang Bikin Cepat Rusak dan Menurunkan Performa