Find Us On Social Media :

Mengenal Surel (E-mail) dan Cara Kerjanya, Informatika Kelas 7 SMP

E-mail adalah surat elektronik yang memungkinkan komunikasi berjalan secara efisien dan efektif.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 3 masih membahas tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Dalam buku materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 3 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 54-55 kamu akan diperkenalkan dengan surel atau surat elektronik (e-mail).

E-mail merupakan sarana yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan atau surat dengan format digital lewat jaringan komputer dan internet.

E-mail mengirim pesan atau surat dengan metode yang lebih efisien dari segi biaya dan waktu karena untuk bisa menjangkau penerima suratnya hanya perlu beberapa detik saja.

Surat yang dikirimkan dengan cara konvensional perlu waktu selama beberapa hari sebelum sampai ke penerimanya.

Selain itu, isi dari surat yang dikirim menggunakan e-mail bisa lebih variatif, enggak hanya tulisan, tapi bisa juga dibubuhi gambar, video, link, hingga dokumen-dokumen lainnya.

Selain untuk berkomunikasi, e-mail juga diperlukan sebagai persyaratan untuk mendaftar berbagai akun media sosial yang kita gunakan sehari-hari.

Selain manfaat di atas, e-mail juga dipergunakan sebagai identitas diri kita di internet sehingga orang-orang yang ingin terhubung dengan kita akan menghubungi kita via e-mail.

E-mail juga dipergunakan untuk proses aktivasi beragam layanan digital supaya kita bisa lebih mudah berlangganan surel hingga aktivasi nomor ponsel.

E-mail terbagi menjadi tiga jenis klasifikasi, yaitu POP (Post Office Protocol) Mail, Webmail, dan Forward Mail.

Lalu, seperti apa cara kerja e-mail yang umum kamu gunakan dalam keseharian? Yuk, simak sama-sama uraiannya di bawah ini.

Baca Juga: Benarkah Tren Menghapus E-mail Bisa Mengurangi Pemanasan Global? Begini Pendapat Ahli