Find Us On Social Media :

Klasifikasi Dinosaurus: Fakta-Fakta Menarik dan Penjelasannya

Dinosaurus adalah salah satu makhluk purba raksasa yang sudah punah dari muka Bumi. apa saja klasifikasinya?

GridKids.id - Pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah diajak membahas tentang berbagai artikel tentang dinosaurus.

Dinosaurus merupakan makhluk yang ratusan juta tahun yang lalu pernah menguasai daratan planet Bumi.

Keberadaannya bisa dilihat dari peninggalan fosil yang terbentuk dari proses penghancuran peninggalan organisme yang pernah hidup.

Hal ini sering terjadi ketika tumbuhan atau hewan terkubur dalam kondisi lingkungan yang bebas dari oksigen.

Fosil yang ada jarang terawetkan dalam bentuk aslinya, tapi berupa kerangka yang tersisa berupa cangkang, gigi, dan tulang belulang.

Nah, kali ini kamu akan diajak membahas fakta menarik tentang klasifikasi dinosaurus yang secara umum terbagi menjadi dua garis besar dengan sub-sub spesies di bawahnya.

Dalam buku 1000+ Fakta Unik dan Menarik tentang Dinosaurus karya Joseph Story terbitan Elex Media Komputindo dijelaskan tentang klasifikasi dinosaurus yang perlu kamu ketahui, apa saja, ya?

Klasifikasi Dinosaurus dan Penjelasannya

1. Saurischia (Panggul Kadal): memiliki tiga tulang panggul berbentuk segitiga, semua dinosaurus pemakan daging dan herbivora berleher panjang memiliki tulang panggul kadal.

a. Theropoda: Theropoda berjalan dengan dua kaki dan umumnya adalah pemakan daging atau predator, spesies terbesarnya adalah Spinosaurus dengan ukuran 6 meter dan bobotnya mencapai 1 ton.

b. Sauropoda: Sauropoda berjalan dengan empat kaki, lehernya sangat panjang, berekor panjang, kepala yang kecil, berkaki tebal dan bentuknya mirip tiang dengan gigi yang mirip seperti pasak. Spesies terbesarnya bernama Apatosaurus.

Baca Juga: 3 Hewan Turunan Dinosaurus yang Masih Hidup Sampai Hari Ini, Salah Satunya Komodo