Find Us On Social Media :

Pengelolaan File dengan Sistem Operasi Windows (Bagian 2), Informatika Kelas 7 SMP

Folder dan file yang tersimpan dalam sebuah komputer harus diatur dan ditata dengan rapi supaya mudah ditemukan ketika dicari. Bagaimana caranya?

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 3 ini masih membahas tentang bab Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Dalam buku materi Informatika Kela 7 SMP Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 46-47 kamu akan diajak melihat lagi beberapa cara mengelola folder dan file yang tersimpan dalam sistem windows.

Pada artikel sebelumnya kamu sudah diajak melihat bagaimana cara membuat, menyalin, memindahkan, mengubah, hingga menghapus folder dan file.

Artikel kali ini akan mengajakmu mengenal lagi beberapa cara mengelola folder dan file sesuai kebutuhan penggunanya, di antaranya:

1. Mengubah ikon (icon) Folder

Mengubah ikon folder bisa dilakukan dengan cara klik kanan pada folder yang dipilih, selanjutnya:

a. Pilih properties akan tampil jendela baru yang menginformasikan rincian tentang identitas folder.

b. untuk mengubah ikon foldernya, klik menu "Customize" pada bagian atas jendelanya, lalu klik change icon, pilih salah satu ikon yang diinginkan sebelum menekan tombol OK.

2. Mencari file dan folder

Mencari file dan folder di File Explorer antara lain bisa dilakukan dengan cara mengetikkan kata kunci (keyword) yang ingin dicari pada kolom pencarian.

Selanjutnya kamu bisa memilih salah satu hasil pencarian yang sesuai.

Baca Juga: Pengertian Folder dan File dan Cara Mengelolanya, Informatika Kelas 7 SMP