Find Us On Social Media :

Mengenal TIK dan Contoh GUI dalam Software, Informatika Kelas 7 SMP

Pembahasan materi Informatika bab 3 kali ini akan membahas tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Seperti apa penjelasannya?

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Informatika Kelas 7 SMP bab 3 kali ini kamu akan masuk ke pembahasan tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Dalam buku materi Informatika kelas 7 SMP bab 3 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud hlm. 39-42 membahas tentang pengenalan antarmuka pengguna.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kini sudah merambah ke banyak aspek kehidupan manusia, banyak juga menghasilkan perkakas yang membantu pekerjaan manusia sehari-hari.

Perkembangan teknologi yang cepat akhirnya melahirkan berbagai perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang baru.

Alat elektronik dan peranti TIK menjadi lebih murah dan terjangkau sehingga para penggunanya akan lebih terdorong untuk memiliki berbagai peranti yang lebih efisien.

Manusia selalu berinteraksi dengan perangkat dengan berbagai cara dan menggunakan tombol untuk menghidupkan atau mematikan berbagai perangkatnya, seperti misalnya televisi, pendingin ruangan, oven, kipas angin, dan lain sebagainya.

Teknologi kini bahkan bisa menjangkau interaksi antar perangkat dengan penggunanya lewat tombol nyata, papan kunci, sentuhan antarmuka grafis (Graphical User Interface/GUI), atau Voice User Interface (VUI).

GUI umum ditemukan dalam perangkat komputer, smartphone, perangkat game, hingga pemutar MP3, penggunaannya lebih populer karena lebih intuitif dan mudah dipelajari.

GUI adalah sebuah sistem komponen visual interaktif yang diterapkan dalam software komputer, smartphone, dan berbagai perangkat elektronik lain.

GUI menampilkan objek yang menyampaikan informasi dan mewakili tindakan yang bisa diambil oleh penggunanya dan bisa berubah warna, ukuran, atau visibilitas ketika pengguna melakukan interaksi dan mengkliknya.

Lalu, apa saja contoh dari GUI yang ditanamkan dalam sebuah perangkat lunak elektronik yang kita temui dan pergunakan setiap harinya?

Baca Juga: Algoritma: Pengertian dan Jenisnya Berdasar Fungsi, Informatika Kelas 7 SMP