Find Us On Social Media :

Algoritma: Pengertian dan Jenisnya Berdasar Fungsi, Informatika Kelas 7 SMP

Algoritma merupakan instruksi yang memberi tahu komputer bagaimana mengubat set fakta tentang informasi yang berguna.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini masih belajar tentang materi Informatika Kelas 7 SMP bab 2 tentang berpikir komputasional.

Dalam buku materi Informatika kelas 7 SMP Bab 2 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud hlm. 29-30 membahas tentang algoritma.

Algoritma merupakan salah satu faktor penting dalam dunia pemrograman yang memudahkan orang untuk menemukan interest atau topik-topik yang disukai.

Algoritma enggak hanya digunakan untuk menyelesaikan masalah pada komputer, tapi juga bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Masalah apa pun yang terkait dengan proses atau sebuah langkah prosedural yang biasanya memerlukan algoritma.

Masalah yang ada akan mudah dipecahkan dengan menggunakan algoritma karena kita tahu langkah-langkah logis dan sistematis yang harus diambil terlebih dulu.

Algoritma merupakan serangkaian instruksi yang memberi tahu komputer bagaimana mengubah satu set fakta tentang dunia menjadi informasi yang berguna.

Serangkaian instruksi terbatas serta instruksi khusus untuk menghitung fungsi yang ketika dieksekusi menghasilkan output tertentu dan akan berhenti pada kondisi terminasi yang ditentukan.

Para ahli menganggap algoritma sebagai urutan langkah-langkah yang harus diikuti dalam matematika atau perhitungan untuk memecahkan masalah lain, terutama komputer.

Umumnya algoritma akan digunakan untuk bisa melakukan perhitungan, melakukan inferensi otomatis, dan mengolah data pada komputer dengan menggunakan software tertentu.

Dilansir dari laman gramedia.com, berikut ini adalah jenis-jenis algoritma berdasarkan fungsinya? Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Pengantar Keterampilan Generik, Materi Informatika Kelas 7 SMP