Find Us On Social Media :

Berpikir Komputasional: Pengertian dan Karakteristik Pola Pikirnya

Berpikir komputasional bisa dilihat dari proses pembuatan kue oleh manusia yang membutuhkan tahapan dan banyak elemen untuk menjadi hasil kue yang bisa dimakan.

GridKids.id - Kids, masih membahas tentang materi Informatika kelas 7 SMP Bab 2 tentang berpikir komputasional.

Dalam buku materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 2 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 27-28 membahas teori tentang apa itu berpikir komputasional?

Berpikir komputasional merupakan cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, jika dikembangkan, bisa dilakukan oleh komputer.

Dengan menerapkan pola pikir komputasional inilah masalah atau persoalan akan diselesaikan dengan lebih efektif dan efisien.

Komputer banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah kehidupan atau membantu penyelesaian beragam permasalahan yang kita hadapi.

Cara kerja komputer menyerupai cara kerja manusia, misalnya ketika sedang membuat sesuatu yang memerlukan resep atau bahan-bahan tertentu, misalnya berbagai sajian rumahan.

Pola pikir ini sama dengan cara kerja suatu teknologi yang akan menerima tugas dan menyelesaikan dengan cepat.

Hal ini bisa terjadi karena kita mulai hidup berdampingan dengan teknologi, sehingga mau enggak mau harus mengikuti pola pikir yang sama dengan kecepatan teknologi.

Kini sudah bukan hal baru, bahwa banyak individu dalam masyarakat sudah melibatkan teknologi dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Inilah kenapa sudah seharusnya kita bisa dan menyesuaikan diri dengan pola pikir seperti teknik ilmu komputer atau informatika.

Lalu, apa saja karakteristik dari konsep berpikir komputasional yang perlu kamu ketahui?

Baca Juga: Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika? Materi Kelas 7 SMP