Find Us On Social Media :

Kriteria Sebuah Presentasi Dianggap Baik, Informatika Kelas 7 SMP

Presentasi adalah salah satu cara untuk menyampaikan ide dan gagasan secara terstruktur di hadapan umum. Apa saja kriteria presentasi yang baik?

GridKids.id - Hai, Kids, kali ini kita masih akan membahas tentang materi Belajar dari Rumah (BDR) Materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 1 tentang Informatika dan Keterampilan Generik.

Dalam buku materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 1 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 22-24 kamu akan diajak mengenal tentang apa itu presentasi.

Presentasi merupakan sebuah kegiatan berbicara di depan orang banyak sebagai bentuk komunikasi atau penyampaian informasi pada orang lain.

Presentasi bertujuan untuk bisa membagikan informasi, meyakinkan, dan membujuk peserta atau pendengarnya untuk ikut dalam sebuah ide atau gagasan.

Presentasi membutuhkan keterampilan dan kepercayaan diri orang yang membawakannya supaya informasi atau ide yang ingin disampaikan bisa tersampaikan dengan baik dan sempurna.

Selain menyampaikan ide atau gagasan, presentasi yang menarik juga bertujuan untuk menghibur hingga memotivasi para pendengarnya untuk melakukan suatu tindakan.

Presentasi juga berarti sebuah laporan tertulis atau sebuah artefak komputasional yaitu produk yang akan dihasilkan dalam sebuah praktik informatika.

Sebuah bahan presentasi yang baik merupakan gabungan antara penjelasan murni yang berbentuk tekstual dan infografis (jika dilihat per halaman presentasinya)

Biasanya bahan presentasi disampaikan dalam ringkasan butir-butir penting dari paparan (oleh sebab itu, perkakas pembuatnya disebut dengan istilah Power Point.

Kriteria dari sebuah bahan presentasi yang baik ditentukan oleh konten dan tampilan, seperti yang akan diuraikan di bawah ini:

Presentasi yang Baik

Baca Juga: Pengertian dan Jenis-Jenis Presentasi, Salah Satunya Impromptu