Find Us On Social Media :

Kenapa Paus Bungkuk Sering Bernyanyi di Lautan Luas? #AkuBacaAkuTahu

Paus bungkuk atau humpback whale adalah salah satu spesies paus yang sering bernyanyi di lautan.

GridKids.id - Paus bungkuk atau humpback whale (Megaptera novaeangliae) adalah salah satu mamalia berbadan besar yang enggak punya gigi.

Paus bungkuk dikenal sering melompat ke udara sembari mengibaskan ekornya dan dikenal sebagai paus yang suka melakukan perjalanan jauh.

Paus ini masuk dalam genus Megaptera dan masuk famili Balaenopteridae, paus bungkuk masih satu kerabat dengan paus biru (Balaenoptera musculus).

Baik paus bungkuk paus biru termasuk dalam spesies paus balin yang hidup tanpa gigi.

Paus ini kerap memangsa buruannya dengan cara membuka mulut dan memasukkan air ke dalam tenggorokannya.

Paus bungkuk yang bisa berkembang biak sepanjang 12-16 meter punya bobot sekitar 36.000 kg ini sebenarnya enggak benar-benar bungkuk.

Julukan bungkuk pada paus ini datang dari sirip kecil di bagian punggung paus yang mirip seperti berpunuk dan punya kebiasaan membungkukkan punggung ketika akan menyelam.

Paus bungkuk tersebar di seluruh lautan, mulai dari Samudera Pasifik Utara, Samudera Atlantik, dan Samudera Utara.

Hewan ini punya kebiasaan bermigrasi untuk mencari makan dan berkembang biak, biasanya ketika musim panas, kawanan paus bungkuk akan mencari makan di sekitar perairan kutub.

Namun, ketika masuk ke musim dingin, kawanan paus bungkuk akan menempuh perjalanan sejauh 16.000 km sampai menjangkau ke perairan tropis dan subtropis.

Lalu, apa yang membuat paus bungkuk gemar bernyanyi di lautan luas?

Kebiasaan Bernyanyi Paus Bungkuk (Humpback Whale)