Find Us On Social Media :

Pengertian Kearifan Lokal dalam Masyarakat dan Ciri-Cirinya

Nilai-nilai kearifan lokal diwariskan oleh nenek moyang kepada generasi penerus sebagai bentuk pelestarian nilai adat dan tradisi.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu mendengar istilah kearifan lokal? Apakah pengertiannya?

Kearifan lokal adalah salah satu kekayaan lokal berupa adat istiadat dan tradisi yang ada di Indonesia.

Namun, seiring perkembangan teknologi dan kemajuan zaman banyak nilai-nilai kearifan lokal yang mulai pudar dan akhirnya terlupakan.

Dilansir dari laman gramedia.com, kearifan lokal adalah pandangan hidup pada suatu masyarakat di wilayah tertentu mengenai lingkungan alam tempat mereka tinggal.

Pandangan hidup ini biasanya merupakan pandangan hidup yang sudah berurat dan berakar menjadi kepercayaan orang-orang di wilayah itu selama puluhan hingga ratusan tahun.

Inilah yang membuat sebuah kearifan lokal akan melekat dan sulit dipisahkan dari kehidupan masyarakat yang hidup di wilayah atau daerah itu.

Kearifan lokal merupakan nilai dan tradisi yang sudah ada dan diturunkan oleh nenek moyang secara turun-temurun.

Seiring perkembangan zaman, banyak generasi muda yang mulai menggantikan pandangan-pandangan lama dengan pandangan baru yang belum tentu cocok dan sesuai dengan nilai-nilai yang ada sejak lama.

Nilai-nilai kearifan lokal yang sebenarnya melambangkan nilai dan jati diri sebuah masyarakat, dianggap oleh generasi muda sebagai nilai dan pandangan yang kuno dan ketinggalan zaman.

Tapi, perlu diketahui bahwa kearifan lokal jugalah yang menjaga keseimbangan alam dan lingkungan sejak lama, sehingga perlu terus dilestarikan dan diwariskan ke generasi-generasi penerus di masa depan.

Lalu, apa sajakah ciri-ciri dari kearifan lokal yang perlu kamu ketahui?

Baca Juga: Bagaimana Sikap Terhadap Perbedaan Kearifan Lokal yang Ada, Kelas 4 SD