Find Us On Social Media :

Gunung Berapi: Pengertian dan Jenis-Jenis Lavanya, IPA Kelas 8 SMP

Gunung berapi adalah salah satu kenampakan alam yang terjadi karena pergerakan Bumi yang terus aktif.

GridKids.id - Setelah membahas tentang gempa Bumi dan bencana-bencana susulannya, kali ini kamu akan diajak membahas tentang gunung berapi.

Dalam buku materi IPA Kelas 8 SMP Bab 6 tentang struktur Bumi dan perkembangannya, kamu diajak untuk membahas tentang gunung berapi atau volcano.

Indonesia yang termasuk dalam wilayah cincin gunung api Pasifik atau ring of fire memiliki banyak gunung berapi di wilayahnya.

Kebanyakan gunung berapi terletak pada batas lempeng tektonik karena terbentuk dari pergerakan lempeng secara konvergen.

Jalur gunung api di Indonesia terbentang sejauh 7000 km dari Sumatera-Jawa-Bali- Nusa Tenggara-Banda-Halmahera- Sulawesi Utara.

Sekitar 4,5 juta masyarakat Indonesia tinggal di daerah rawan bencana, dengan tiga tipe gunung berapi yang perlu kamu ketahui:

- Tipe A: 77 gunung berapi dengan catatan sejarah letusan sejak tahun 1600.

- Tipe B: 29 dengan catatan sejarah letusan sebelum tahun 1600.

- Tipe C: 21 gunung berapi tanpa sejarah letusan tapi tetap menunjukkan jejak aktivitas vulkanik seperti solfatar/fumarole.

Indonesia memiliki sekitar 500 gunung berapi yang 127 di antaranya berstatus aktif, sehingga perlu bagi kita mengenali seperti apa karakternya agar bisa tetap hidup berdampingan di dekatnya.

Lalu, seperti apakah letusan gunung api bisa terjadi dan dampaknya bagi lingkungan dan kehidupan di sekitarnya?

Baca Juga: Proses Terjadinya Gunung Meletus dan Tips untuk Menghadapinya