Find Us On Social Media :

Jenis-Jenis Gerakan Lempeng Tektonik, Materi IPA Kelas 8 SMP

Pergerakan lempeng Bumi telah terjadi sejak jutaan tahun lalu, hal inilah yang membuat berbagai benua di dunia terpisah seperti hari ini.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini masih membahas materi IPA Kelas 8 SMP Bab 6 tentang Struktur Bumi dan Perkembangannya.

Dalam buku materi IPA Kelas 8 SMP Bab 6 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 180-188 dijelaskan tentang lempeng tektonik.

Litosfer adalah bagian kerak Bumi dan Mantel luar yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu lithos yang berarti batuan dan sphaira yang berarti lapisan.

Lempeng litosfer disebut juga dengan lempeng tektonik yang mengapung di atas cairan panas dari mantel dalam dan inti luar karena ada lempeng tektonik.

Lempeng inilah yang punya kerapatan massa jenis yang lebih kecil dibandingkan dengan bagian mantel dalam dan inti luar Bumi.

Tapi, cairan yang ada di bagian lapisan inti luar Bumi pekat karena berisi lelehan logam-logam, sehingga enggak seperti air, sehingga gerakannya jadi lambat.

Lapisan mantel yang berisi cairan magma yang disebut astenosfer.

Awalnya Bumi ini adalah satu daratan besar yang merupakan gabungan dari seluruh benua.

Hal ini dikemukakan pertama kali oleh Alfred Wegener, seorang ahli meteorologi dari Jerman pada 1915.

Daratan Bumi ini disebut dengan nama Pangea yang berjuta-juta tahun lalu terpecah jadi dua daratan besar.

Dua daratan besar itu adalah Gondwana (Australia, Antarktika, Amerika Selatan, Afrika, dan India) dan Laurasia (Amerika Utara, Eropa, sebagian besar negara Asia).

Baca Juga: Mari Mencari Tahu: Simulasi Gempa Bumi, IPAS Kelas 5 SD Tema 8