Find Us On Social Media :

Materi IPS Kelas 10 SMA: 4 Faktor yang Memengaruhi Penawaran di Luar Harga Barang

Jika permintaan merupakan dari sudut pandang konsumen, maka penawaran berasal dari perspektif produsen.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kita telah membahas hal-hal yang memengaruhi permintaan di luar harga barang itu sendiri.

Berdasarkan pada buku Kurikulum Merdeka materi IPS kelas 10 SMA, GridKids akan mencari tahu faktor yang memengaruhi penawaran di luar harga barang itu sendiri.

Jika permintaan merupakan dari sudut pandang konsumen, maka penawaran berasal dari perspektif produsen.

Penawaran atau supply adalah kesediaan penjual untuk menyerahkan berbagi barang pada tingkat harga dalam waktu dan keadaan tertentu.

Pada dasarnya penawaran merupakan teori yang membahas hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dan tingkat harga barang itu sendiri.

Hukum teori penawaran berlawanan dengan hukum pada teori permintaan.

Diketahui teori penawaran juga menggunakan hukum ceteris paribus, yang berarti faktor-faktor lain selain harga barang itu sendiri dianggap tetap.

Dikarenakan hukum penawaran berlawanan dengan hukum permintaan, maka kurva penawaran juga berlawanan dengan kurva permintaan.

Di bawah ini merupakan faktor yang memengaruhi penawaran di luar harga barang itu sendiri, apa saja?

Faktor yang Memengaruhi Penawaran di Luar Harga Barang

1. Biaya Produksi

Baca Juga: Jawab Pertanyaan IPS Kelas 10 SMA: Bagaimana Harga Pasar Dapat Terbentuk?