Find Us On Social Media :

Bidang-Bidang Manajemen dalam Kelola Suatu Perusahaan dan Kegiatannya

GridKids.id - Manajemen adalah istilah yang berkaitan dengan organisasi, perusahaan atau badan usaha.

Dalam materi Ekonomi kelas XI SMA, manajemen adalah segala sesuatu yang dilakukan untuk mengatur dan mengelola suatu perusahaan.

Usaha atau bisnis yang didirikan memerlukan adanya bidang-bidang manajemen yang baik sehingga peran dari seorang manajer sangat diperlukan.

Istilah dari manajemen sendiri memiliki arti mengatur. 

Dalam manajemen terdapat bidang-bidang manajemen yang merupakan suatu kesatuan yang dibutuhkan oleh organisasi, sehingga masing-masing saling terkait dan bergantung.

Apa saja bidang-bidang manajemen?

1. Manajemen Produksi

Manajemen produksi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengatur jalannya proses produksi yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

Manajemen produksi biasanya mengatur berbagai input atau faktor produksi supaya hasil produksi yang dihasilkan sesuai dengan yang ditetapkan.

Kegiatan yang terdapat dalam manajemen produksi meliputi penentuan input atau bahan baku yang akan digunakan, penentuan alat-alat atau teknologi apa yang digunakan, dan juga penentuan metode produksi, serta melakukan pengawasan selama berlangsungnya proses produksi.

2. Manajemen Pemasaran 

Manajemen pemasaran adalah kegiatan pengaturan proses penyampaian produk dari produsen kepada konsumen agar berjalan secara efektif dan eisien.

Kegiatan dalam manajemen pemasaran meliputi pemilihan segmentasi pasar atau memilih konsumen yang akan dituju, menganalisis kesempatan atau peluang pasar, menentukan cara promosi usaha, dan mengelola usaha pemasaran agar produk yang dihasilkan bisa dikenal oleh masyarakat.

Tujuan manajemen pemasaran salah satunya adalah memperbanyak konsumen dan memperluas pasar bagi kemajuan usaha suatu perusahaan.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi Industri: Konsep, Definisi, dan Contoh Kegiatannya