Find Us On Social Media :

3 Tahap Proses Pewarisan Nilai-Nilai Kebudayaan dan Penjelasannya

Budaya termasuk salah satu aspek yang enggak bisa dilepaskan dalam kehidupan manusia.

GridKids.id - Kids, apa yang kamu ketahui tentang proses pewarisan nilai-nilai kebudayaan?

Istilah 'budaya' atau 'kebudayaan' berasal dari bahasa Sanskerta yaitu 'buddayah'.

'Buddayah' adalah bentuk jamak dari 'buddi' yang berarti hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Menurut KBBI, budaya adalah pikiran atau akal budi serta sesuatu mengenai kebudayaan yang sudah berkembang atau beradab dan maju.

Sementara kebudayaan ialah hasil kegiatan dan penciptaan batin atau akal budi manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat.

Nah, budaya termasuk salah satu aspek yang enggak bisa dilepaskan dalam kehidupan manusia, ya.

Tahukah kamu? Terdapat proses pewarisan budaya dalam kebudayaan yang berfungsi untuk menjaga keberlangsungan budaya dari generasi ke generasi, lo.

Melansir dari kompas.com, tak hanya dipelajari, kebudayaan terus berkembang karena adanya proses pewarisan nilai-nilai kultural atau nilai-nilai kebudayaan.

Pewarisan budaya merupakan proses memindahkan, meneruskan, memiliki, dan memakai kebudayaan dari satu generasi ke generasi secara berkesinambungan.

Secara umum, pewarisan budaya bersifat vertikal. Artinya, bahwa budaya diwariskan dari generasi terdahulu kepada generasi yang akan datang, Kids.

Diketahui dalam kondisi tertentu, pewarisan budaya sering menemui masalah, seperti penolakan generasi terhadap warisan budaya dan munculnya budaya baru yang enggak sesuai dengan budaya yang diwariskan.

Baca Juga: 3 Ragam Kebudayaan Suku Bugis serta Sistem Kekerabatannya, Apa Saja?