Find Us On Social Media :

Pemisahan Campuran pada Partikel Larut, Materi IPA Kelas 8 SMP

Proses pemisahan campuran pada partikel zat larut bisa ditemukan dalam keseharian. Salah satunya proses kristalisasi garam laut.

GridKids.id - Kids, kita masih akan membahas artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi IPA Kelas 8 SMP Bab 5 tentang Unsur, Senyawa, dan Campuran.

Jika sebelumnya kamu sudah diajak mengenal metode pemisahan campuran pada partikel tidak larut, kali ini kamu akan diajak melihat pemisahan pada partikel larutnya.

Dalam buku materi IPA Kelas 8 SMP Bab 5 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 168-169 kamu akan diajak belajar tentang subbab pemisahan campuran pada partikel larut.

Pemisahan campuran pada partikel larut dilakukan untuk partikel zat yang lebih kecil dibandingkan pemisahan campuran pada partikel tak larut.

Berikut ini adalah beberapa metode pemisahan yang akan dijelaskan lebih lengkap, di antaranya:

Pemisahan Campuran pada Partikel Larut

1. Evaporasi dan Kristalisasi

Penyaring enggak bisa memisahkan partikel zat terlarut dalam larutan karena partikelnya terlalu kecil untuk ditangkap oleh filter apa pun.

Tapi, kristal murni dari zat terlarut yang disebut dengan residu akan tertinggal jika pelarut dipanaskan dan mengalami penguapan dan berubah menjadi zat gas.

Proses pendidihan larutan akan mempercepat proses penguapan yang kemudian dikenal dengan metode evaporasi dan kristalisasi.

Pemanfaatan metode ini biasa ditemukan pada proses pengolahan garam dari air laut.

Baca Juga: Metode Pemisahan Campuran pada Partikel Tidak Larut, IPA Kelas 8 SMP