GridKids.id - Apa yang dimaksud dengan pasar, Kids?
Pada artikel kali ini GridKids akan menjawab pertanyaan tentang pasar berdasarkan materi IPS kelas 10 SMA buku Kurikulum Merdeka.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pasar adalah tempat orang berjualan beli.
Menurut kajian ilmu ekonomi, pasar ialah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang atau jasa tertentu.
Pasar menyediakan kebutuhan yang umumnya diperlukan oleh manusia, baik berupa barang atau jasa.
Pasar menjual barang yang beragam, seperti makanan, penjualan pakaian, jasa, hingga elektronik.
Tak hanya berguna bagi produsen dan konsumen, pasar juga menjadi dasar berjalannya perekonomian negara lo, Kids.
Suatu tempat dikatakan pasar jika tempat tersebut memenuhi ciri-ciri, seperti memiliki penjual dan pembeli, banyak barang dan jasa, dan terdapat tawar menawar.
Tahukah kamu? Ada beberapa jenis pasar, seperti pasar tradisional, pasar modern, pasar nyata, pasar abstrak, pasar harian, pasar mingguan, dan sebagainya.
Untuk mengetahui apa saja fungsi pasar secara umum, yuk, simak informasi di bawah ini, ya!
Fungsi Pasar Secara Umum
Baca Juga: Jawab Pertanyaan IPS Kelas 10 SMA: Apa Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro?
Secara umum, pasar memiliki tiga fungsi utama, yakni sebagai pembentuk harga, sarana distribusi, dan sarana promosi.
1. Sebagai Pembentuk Harga
Sebagai pembentuk harga, pasar menjadi tempat pertemuan antara penjual dan pembeli.
Penjual menawarkan barang atau jasa kepada pembeli di pasar. Pembeli yang membutuhkan barang atau jasa akan berusaha menawar harga dari barang atau jasa tersebut, ya.
Maka dari itu, terjadilah tawar-menawar antara kedua belah pihak, Kids.
Harga yang telah disepakati dalam proses tawar-menawar telah diperhitungkan oleh penjual dan pembeli.
2. Sebagai Sarana Distribusi
Pasar sebagai sarana distribusi berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen.
Diketahui dengan adanya pasar, produsen bisa berhubungan baik secara langsung maupun enggak langsung untuk menawarkan hasil produksi kepada konsumennya.
Pasar dikatakan berfungsi baik jika kegiatan distribusi barang dan jasa dari produsen ke konsumen berjalan lancar.
Baca Juga: Jawab Pertanyaan IPS Kelas 10 SMA: 3 Faktor yang Memengaruhi Penentuan Skala Prioritas
3. Sebagai Sarana Promosi
Artinya, bahwa pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang atau jasa tentang manfaat dan keunggulan pada konsumen.
Promosi dilakukan untuk menarik minat pembeli terhadap barang atau jasa yang diperkenalkan.
Selain itu, promosi juga bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyebar brosur, pameran, memasang spanduk, dan sebagainya.
Nah, demikianlah informasi tentang apa yang dimaksud dengan pasar, materi IPS kelas 10 SMA buku Kurikulum Merdeka.
Pertanyaan: Apa ciri-ciri pasar? |
Petunjuk: Cek di halaman 1. |
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.