Find Us On Social Media :

10 Fakta Menarik Olimpiade, Berawal dari Festival Kuno Bangsa Yunani

Olimpiade adalah ajang olahraga empat tahunan sekali yang berasal dari festival kuno bangsa Yunani untuk Dewa Zeus.

GridKids.id - Kids, kamu pasti sudah enggak asing ketika mendengar kata Olimpiade.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), olimpiade adalah festival kuno bangsa Yunani yang diadakan empat tahun sekali untuk menghormati Dewa Zeus.

Istilah olimpiade juga sering digunakan untuk menjelaskan tentang pertandingan atau perlombaan sains, seni, matematika, dan lain sebagainya.

Dilansir dari laman kompaspedia.kompas.id, olimpiade adalah sebuah ajang olahraga internasional empat tahunan yang mempertandingkan cabang-cabang olahraga.

Ada ribuan atlet dari seluruh negara-negara dunia yang terlibat di dalam ajang olahraga bergengsi yang sudah berlangsung sejak 776 SM.

Olimpiade kuno merupakan festival yang dibuat untuk menghormati Dewa Zeus yang diselenggarakan tiap empat tahun sekali.

Dalam festival ini, diperlombakan oleh berbagai olahraga seperti lomba lari, tinju, gulat, berkuda, panca lomba (terdiri dari lempar cakram, lempar lembing, lompat, dan lain sebagainya).

Ajang olimpiade sempat dilarang pada sekitaran 393 SM di bawah komando Kaisar Theodosius I dari Kekaisaran Romawi yang ketika itu menguasai wilayah Eropa.

Olimpiade baru dihidupkan kembali oleh Pierre Baron de Coubertin di 1896, di bawah Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang dibentuk di Perancis pada 1894.

Pierre Baron de Coubertin adalah pendiri IOC dan karena jasanya yang besar maka beliau dijuluki sebagai Bapak Olimpiade Modern.

Lalu, apa sajakah fakta menarik tentang ajang olahraga Olimpiade yang sudah ada sejak ratusan tahun sebelum masehi?

Baca Juga: Digelar Setiap 4 Tahun Sekali, Benarkah Sejarah Olimpiade Berasal dari Peradaban Yunani Kuno?