Find Us On Social Media :

Mengenal Astronaut dan Misi Antariksa Paling Besar Sepanjang Sejarah

Astronaut adalah seseorang yang sudah melalui masa pelatihan untuk melakukan penerbangan antariksa.

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah diajak mengenal tentang kehidupan yang terjadi di luar angkasa.

Nah, kamu mungkin sudah mendapat gambaran tentang kehidupan para astronaut yang tentunya berbeda dan mungkin lebih rumit daripada kehidupan yang dijalani manusia di Bumi.

Astronaut atau antariksawan adalah sebutan bagi orang yang sudah menjalani latihan dalam program penerbangan antariksa untuk memimpin penerbangan pesawat antariksa.

Para astronaut dikirim ke ruang angkasa untuk menjalankan misi atau penelitian tertentu yang berguna untuk kemaslahatan umat manusia di Bumi.

Menjadi seorang astronaut sering sekali disebutkan sebagai cita-cita semasa kecil, karena tentunya sangat menakjubkan untuk melihat Bumi dari luar angkasa.

Untuk menjadi seorang astronaut maka seseorang harus punya gelar sarjana di jurusan yang berkaitan dengan ilmu eksakta, seperti teknik, biologi, fisika, matematika, hingga komputer.

Selain itu seorang astronaut juga harus melalui tiga tahun percobaan untuk melalui pengalaman profesional dalam pelatihan untuk bisa dikirim dalam sebuah misi.

Tentu enggak mudah untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan luar angkasa yang jauh berbeda dengan apa yang dilalui di Bumi.

Tahukah kamu bahwa 1 jam di luar angkasa sama dengan 700 tahun di planet Bumi?

Terlepas dari itu, para astronaut juga akan mengalami dampak dari misi yang mereka jalani di luar angkasa selama rentang beberapa waktu.

Misalnya permasalahan kesehatan yang berkaitan dengan kesehatan tulang hingga masalah tekanan darah rendah yang memengaruhi gerak dan kemampuan motoriknya.

Baca Juga: Kenapa Manusia Harus Terus Melakukan Eksplorasi Luar Angkasa?