Find Us On Social Media :

Mengenal Tabel Periodik Kimia dan Klasifikasinya, IPA Kelas 8 SMP

Tabel periodik unsur kimia bisa menjadi salah satu cara memudahkan belajar unsur-unsur kimia di sekitar kita.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi IPA Kelas 8 SMP masih membahas Bab 5 tentang unsur, senyawa, dan campuran.

Dalam buku materi IPA Kelas 8 SMP Bab 5 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 143-147 membahas tentang tabel periodik unsur.

Tabel periodik adalah suatu bentuk tabel yang berisi susunan unsur-unsur kimia berdasarkan nomor-nomor atom yang dimilikinya.

Nomor atom yang tersusun tersebut berisi sejumlah proton dalam konfigurasi elektron tertentu dengan kesamaan sifat yang dimiliki unsur kimia.

Tabel periodik terbagi dalam empat blok, yaitu s, p, d, dan f, yang dalam satu periode atau baris, di bagian kiri menunjukkan sifat logam.

Sedangkan, bagian kanan untuk menunjukkan sifat nonlogam dari unsur kimia.

Periode merupakan bagian baris horizontal pada tabel periodik kimia dengan trend horizontal yang lebih signifikan dibandingkan tren vertical karena sulit dipahami.

Golongan pada tabel unsur-unsur kimia biasa juga disebut juga dengan istilah famili yang berarti bagian pada tabel periodik yang berbentuk kolom vertikal dengan trend periodik, bukan menggunakan golongan periode dan blok tertentu.

Blok-s pada tabel periodik kimia merupakan unsur dari dua golongan, yaitu logam alkali dan alkali tanah yang isinya adalah unsur tambahan dengan hidrogen dan helium.

Blok-p merupakan tabel unsur-unsur kimia terdiri dari enam golongan, yaitu 13 golongan sampai 18 sesuai dengan ketentuan International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) mulai dari 3A hingga 8A sesuai penamaan Amerika.

Semua bagian blok-p juga punya kandungan sebagian besar yaitu metaloid.

Baca Juga: Pengertian Partikel Materi Atom, Molekul, dan Ion, Fisika Kelas 9 SMP