Find Us On Social Media :

15 Fakta Menarik Kehidupan di Luar Angkasa yang Jarang Diketahui

Kehidupan di luar angkasa menjadi topik menarik yang enggak ada habis untuk dibahas. Apa saja faktanya?

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah diajak melihat berbagai fakta menarik tentang luar angkasa.

Luar angkasa adalah sebuah tema yang seolah enggak ada habisnya dibahas dan selalu menarik untuk digali dan dieksplorasi.

Kehidupan manusia yang berlangsung di planet Bumi enggak semerta membatasi para ilmuwan untuk melakukan misi luar angkasa.

Misi atau eksplorasi luar angkasa bertujuan untuk menemukan jawaban-jawaban atau solusi dari situasi di planet Bumi yang terjadi selama beberapa dekade belakangan.

Dalam buku Fakta Unik Sekitar Kita: Heboh dan Menarik karya Nursetyo Reno Wibowo (2019), dijelaskan tentang beberapa fakta menarik kehidupan di luar angkasa. Apa saja faktanya, ya?

Fakta Menarik Kehidupan di Luar Angkasa

1. Sehari di luar angkasa, kamu akan mengalami 16 kali Matahari terbit.

2. Matahari terbit dan terbenam setiap 90 menit di orbit Bumi bagian bawah, membuat orang yang ada di luar angkasa sulit tidur karena enggak adanya siklus siang dan malam.

3. Ketika hidup di luar angkasa, kamu akan tumbuh lebih tinggi.

4. Tanpa adanya gravitasi di luar angkasa, tulang belakang manusia akan mengembang dan seseorang akan tumbuh lebih tinggi sekitar 5- 8 cm.

5. Pertumbuhan tinggi badan yang cukup ekstra ini bisa menyebabkan komplikasi seperti sakit punggung dan gangguan saraf.

6. Sebuah studi yang dilakukan di tahun 2001 menunjukkan bahwa para astronaut yang mendengkur di Bumi bisa tidur tanpa mendengkur di luar angkasa.

Baca Juga: Kenapa Manusia Harus Terus Melakukan Eksplorasi Luar Angkasa?