Find Us On Social Media :

Pengertian dan Klasifikasi Unsur Kimia, Materi IPA Kelas 8 SMP

Unsur adalah zat tunggal yang enggak bisa diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi IPA Kelas 8 SMP sudah memasuki bab ke 5 tentang unsur, senyawa, dan campuran.

Dalam buku materi IPA Kelas 8 SMP Bab 5 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 126-128 tentang unsur.

Unsur merupakan zat tunggal yang enggak bisa diuraikan lagi jadi zat yang lebih sederhana.

Air adalah zat murni yang tersusun atas oksigen dan hidrogen yang merupakan unsur-unsur dalam air yang enggak bisa lagi diuraikan ke bentuk yang lebih sederhana.

Hingga saat ini para ahli menyatakan bahwa ada 110 unsur dan sisanya adalah unsur buatan.

Unsur alami adalah unsur yang terbentuk tanpa campur tangan manusia, sedangkan unsur buatan adalah unsur yang sengaja dibuat oleh manusia untuk berbagai keperluan.

Unsur biasanya ditulis dalam lambang atau simbol unsur supaya lebih mudah ditulis, dihafalkan, dan dipelajari.

Lambang unsur yang digunakan sampai saat ini adalah usul dari J.J. Berzelius yang memberikan lambang berdasar huruf dengan nama latin, dengan beberapa aturan penulisan sebagai berikut:

- Jika terdiri dari satu huruf maka simbol unsur ditulis dengan huruf besar yang diambil dari huruf pertama nama latin unsurnya. Contoh: B (Borium), C (Carbonium), dan H (Hydrogenium).

- Jika terdiri dari dua huruf, maka ditulis dengan huruf besar yang diambil dari huruf pertama nama latin, disusun dengan huruf kecil dari salah satu nama latin unsurnya. Contoh: Ar (Argon), Ag (Argentum), dan Al (Aluminium).

- Jika terdiri dari tiga huruf, maka lambangnya ditentukan oleh Komite Internasional IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry) berdasarkan rangkaian huruf awal sesuai dengan nomor unsurnya. Contoh: Uuu (Unununium), Uuq (Ununquadium), dan Uup (Ununpentium).

Baca Juga: Tak Melulu Soal Industri, Ini Manfaat Nitrogen untuk Kehidupan