Find Us On Social Media :

Sinyal FRB dari Luar Angkasa diyakini Berasal dari Alien, Begini Penjelasan Ilmuwan

Bumi menerima sinyal radio dari galaksi yang berjarak miliaran tahun cahaya secara konstan, dari manakah asalnya?

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah diajak membahas tentang kemungkinan tentang kehidupan lain di luar planet Bumi.

Dari artikel itu kamu sudah mengetahui jawaban dari para ilmuwan hingga saat ini belum ada jawaban pasti tentang keberadaan kehidupan di planet selain Bumi.

Dilansir dari laman physics-astronomy.com, para peneliti dari University of California (UOC), Barkeley, lewat Breakthrough Listen Initiative merekam 15 sinyal Fast Radio Burst (FRBs).

Sinyal itu diterima berulang kali dari galaksi kerdil yang berjarak sekitar 3 miliar tahun cahaya dari Bumi.

FRBs umumnya hanya bisa bertahan beberapa milisekon dan ditemukan 15 tahun lalu dan ditemukan dalam 20 rekaman dan kebanyakan enggak berulang.

Pada 2016, satu diantaranya berhasil terekam dan berulang, FRBs yang berulang ini dinamai dengan FRB 121102 yang menghasilkan 150 ledakan berenergi besar selama terpantau

Pada 26 Agustus 2017 lalu, FRB 121102 terekam mengirimkan 15 ledakan yang terekam menggunakan Green Bank Telescope in West Virginia.

FRBs dikenal memiliki durasi yang sangat singkat dan hanya bisa diketahui dari data yang terekam setelah sinyal dikirimkan, kadang cukup sulit untuk diketahui dari mana asalnya.

Ada kalanya FRB memancar secara acak, tapi ada juga yang semburannya terjadi secara konsisten.

Durasi yang terjadi juga enggak menentu, bisa muncul setelah beberapa hari hingga rentang beberapa minggu sekali.

Para ilmuwan juga mendeteksi pancaran gelombang radio unik yang terjadi secara teratur menggunakan teleskop Canadian Hydrogen Intensity Mapping Experiment (CHIME).

Baca Juga: Masih Jadi Misteri, Benarkah Ada Kehidupan Lain di Luar Planet Bumi?