Find Us On Social Media :

7 Macam Festival Mitologi di Dunia, Salah Satunya Festival Kue Bulan di Tiongkok

Festival mitologi adalah salah satu perayaan atau parade yang berkaitan dengan kepercayaan masyarakat setempat.

GridKids.id - Kids, kembali lagi bersama GridKids membahas tentang mitologi-mitologi dunia.

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang berbagai sosok dewa-dewi dalam beragam mitologi terkenal dunia, kali ini kamu akan diajak melihat berbagai festival mitologi dalam berbagai budaya dunia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB), festival adalah hari atau pekan gembira dalam rangka peringatan peristiwa penting dan bersejarah; pesta rakyat.

Sedangkan mitologi merupakan ilmu tentang keberadaan dewa-dewa dan pahlawan di masa lalu yang memiliki tafsir dan makna tentang kejadian asal-usul manusia.

Dalam buku 1200 Fakta Unik Mitologi Dunia karya Adnand Rahmadi (2015), tertulis tentang beberapa Festival Mitologi di Dunia, apa saja, ya?

Festival Mitologi di Dunia

1. Festival Api (Skotlandia)

Tiap tahunnya warga Skotlandia berkumpul untuk merayakan festival api bangsa Viking yang disebut dengan Up Helly Aa.

Festival ini digelar di Lerwick Pulau Shetland, Skotlandia, yang dilaksanakan untuk menghormati warisan budaya dari bangsa Viking.

Perayaan tahunan ini dirayakan dengan para warga yang mengenakan kostum Viking, parade obor, dan pembakaran perahu Viking.

Festival ini bisa disaksikan oleh kurang lebih 5.000 wisatawan yang datang menonton, 1.000 orang yang punya kostum Viking membawa obor, tameng, helm, kapak, dan perisai.

Baca Juga: Mengenal Skotlandia, Negara Britania Raya yang Dinobatkan Jadi Negara Terindah di Dunia