Find Us On Social Media :

Dampak Modernisasi bagi Pola Pikir dan Kehidupan Sosial Kaum Remaja

Remaja adalah kelompok masyarakat yang terdampak oleh perkembangan peradaban atau modernisasi yang terus terjadi dari waktu ke waktu.

GridKids.id - Modernisasi merupakan kemajuan yang terjadi pada kehidupan dunia yang berkaitan dengan perubahan pola pikir dan hidup tradisional ke modern.

Modernisasi adalah pola perubahan tradisional menjadi modern agar kehidupan lebih praktis dan efisien.

Modernisasi biasanya berkaitan dengan perkembangan dan peradaban dari waktu ke waktu, salah satunya bisa dilihat pada perkembangan teknologi dan komunikasi yang makin pesat dari waktu ke waktu.

Namun, perlu dipahami bahwa enggak semua lapisan masyarakat bisa mengikuti gaya hidup modern.

Khususnya masyarakat-masyarakat pedalaman yang masih sangat asing dengan perkembangan ekonomi dan sulit mengakses informasi terkini.

Hal ini secara enggak langsung berdampak pada semua golongan masyarakat dunia, khususnya pada remaja.

Remaja adalah kelompok masyarakat yang banyak terdampak berbagai penemuan dan pembaharuan teknologi dalam upaya penyebaran ilmu pengetahuan dan pendidikan.

Remaja sebagai masa transisi dari usia kanak-kanan ke dewasa, melalui masa yang naik dan turun sehingga mudah terpengaruh oleh berbagai nilai-nilai yang masih asing untuk mereka.

Perkembangan zaman memengaruhi gaya hidup remaja yang menjadi salah satu target yang potensial dalam modernisasi dunia.

Hal ini sedikit banyak memengaruhi gaya hidup dan pola pikir para remaja yang makin modern dan menjauhi nilai-nilai tradisional yang diwariskan oleh masyarakatnya.

Kehidupan masyarakat modern sehari-hari terbagi jadi dua jenis menurut Jean Halley, yaitu pengalaman estetik yang demokratis dan keinginan untuk menunjukkan identitas kelas yang dominan.

Baca Juga: 4 Dampak Negatif Modernisasi bagi Kehidupan dan Upaya Menghadapinya