Find Us On Social Media :

Ini 5 Karakteristik dan Kebiasaan Generasi Z yang Wajib Diketahui

Gen Z merupakan kelompok usia yang lahir pada rentang tahun 1997 sampai dengan 2012.

GridKids.id – Generasi Z atau gen Z merupakan kelompok usia yang lahir pada rentang tahun 1997 sampai dengan 2012. Salah satu ciri utama dari Gen Z terbiasa dengan hal-hal yang berbau teknologi atau disebut juga dengan tech savvy.

Oleh sebab itu, generasi ini mampu mengoperasikan peralatan teknologi dengan mudah bahkan sejak masih dini. Mereka juga cenderung lebih cepat beradaptasi dengan teknologi ketimbang generasi-generasi sebelumnya.

Bahkan, tak jarang mereka yang akan memberi tahu kepada generasi sebelumnya terkait dengan pengaplikasian teknologi. Ternyata, selain andal dalam penggunaan teknologi, paparan internet juga membuat karakter gen Z berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, baik dalam hal cara berpikir maupun kebiasaan.

Ketika ingin membeli baju atau gadget, misalnya, riset McKinsey pada 2019 menemukan bahwa hampir 40 persen Gen Z di Amerika Serikat akan mengikuti rekomendasi dari para influencer di media sosial.

Baca Juga: 5 Contoh Tari Kontemporer Asal Indonesia Lengkap dengan Peciptanya

Dalam pekerjaan atau pendidikan, gen Z juga termasuk ke dalam kelompok yang sangat mengutamakan keseimbangan dalam hidup, serta peduli akan kesehatan mental.

Di kehidupan sehari-hari, gen Z punya berbagai kebiasaan khusus yang membedakannya dari generasi sebelumnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya.

  1. Berani mengungkapkan pendapat

Media sosial yang lekat dengan kehidupan gen Z tidak hanya berdampak pada pola bersosialisasi, tetapi juga membentuk mereka menjadi individu yang berani dalam mengungkapkan ide, pendapat, ataupun kritik.

Itu karena media sosial pada dasarnya merupakan wadah bagi siapa saja, termasuk para gen Z, untuk melakukan hal tersebut. Di sana pula, mereka dapat membangun wacana dan saling bertukar pendapat dengan sesama pengguna.

  1. Susah lepas dari smartphone

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan gen Z adalah susah melepaskan diri dari smartphone. Karena terbiasa memakai smartphone di segala kegiatan, perangkat ini jadi sering dibawa ke berbagai tempat, termasuk  kamar mandi.

Baca Juga: Kenapa Kita Harus Rutin Melakukan Hobi saat Punya Waktu Luang? #AkuBacaAkuTahu

  1. Gemar belanja dan pergi ke tempat hits

Sebagai generasi yang peduli akan kesehatan mental, kebiasaan berbelanja online serta pergi ke tempat hits seolah sudah menjadi kebiasaan sebagian Gen Z.

Untuk membeli barang yang diinginkan,  gen Z  bisa mengandalkan platform e-commerce maupun akun jasa titip (jastip) yang ada di media sosial.

Sementara ketika ingin mengunjungi tempat hits,  gen Z  juga terbiasa mencari berbagai rekomendasi kafe, restoran, dan tempat nongkrong dari berbagai platform di media sosial.

  1. Punya banyak akun media sosial

Sejalan dengan tiga kebiasaan di atas, Gen Z juga hobi membuat banyak akun media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, hingga media sosial terbaru seperti Mastodon dan Clubhouse.

Selain dimanfaatkan untuk mencari informasi terbaru, platform media sosial tersebut juga kerap digunakan sebagai tempat berkomunikasi, berbagi foto, hingga membuat berbagai konten yang mampu menarik followers maupun viewers.

Agar bisa up to date terhadap berbagai info di media sosial, Gen Z ingin selalu terkoneksi dengan dunia digital. Apalagi jika hobi berpindah-pindah aplikasi, tentunya butuh kuota internet yang tak terbatas.

Untuk menunjang beragam aktivitas gen Z tersebut, AXIS meluncurkan paket internet baru yaitu AXIS Warnet Unlimited.

Sesuai namanya, paket ini hadir dengan kuota unlimited dengan masa aktif selama 24 jam. Jadi, ketika kamu mengaktifkan paket ini pukul 10.00 WIB, maka paket ini akan habis di jam yang sama keesokan harinya.

Kabar baiknya, paket #NonstopAntiNgedrop ini bisa dinikmati oleh semua pelanggan AXIS dengan mengaktifkan paketnya di aplikasi AXISNET. Harganya pun tergolong ramah bagi kantong, yakni hanya Rp 3.999 untuk satu kali pembelian.

Untuk meramaikan peluncuran paket ini, AXIS juga berkolaborasi dengan Feel Koplo dalam pembuatan jingle-nya. Penasaran dengan lagu dan informasi lebih lengkap tentang paket ini? Yuk, kunjungi laman AXIS di https://www.axis.co.id/produk/paket-internet/paket-warnet.