Find Us On Social Media :

Sejarah Chicken Nugget, Frozen Food yang Populer Sejak 1980-an

Nugget adalah salah satu jenis frozen food yang banyak dikonsumsi dan disukai karena rasa yang lezat dan proses pemasakannya yang praktis.

GridKids.id - Kids, siapa di antara kamu yang suka makan nugget?

Nugget atau chicken nugget adalah salah satu olahan daging yang dibuat dan dikemas sebagai frozen food yang praktis untuk dikonsumsi sewaktu-waktu.

Nugget adalah makanan beku yang cara penyajiannya sangat mudah karena hanya perlu digoreng sebelum disantap.

Umumnya nugget adalah olahan daging ayam yang dihaluskan dan biasanya ditambahkan dengan berbagai bahan-bahan tambahan, seperti sayuran hingga bumbu-bumbu.

Bagian luar nugget biasanya akan dibaluri dengan bread crumbs (tepung roti) sehingga akan membuat teksturnya jadi renyah setelah selesai digoreng.

Selain bagian kulitnya yang krispi, bagian dalam nugget juga gurih dan sangat berbumbu, inilah yang membuat nugget bisa dikonsumsi sebagai camilan atau lauk makan teman makan nasi putih.

Nugget sebenarnya sudah ada sejak lama, tepatnya muncul pertama kali pada 1963 setelah ditemukan oleh Profesor Robert C. Baker dari Universitas Cornell.

Profesor Baker adalah ahli ilmu pangan yang berhasil menciptakan temuan panganan yang terbuat dari olahan daging ayam yang dibekukan dan awalnya disebut dengan chicken stick.

Awalnya nugget ayam terbuat dari daging ayam yang sudah tua karena jenis ayam ini sudah enggak bertelur dan kualitas dagingnya sudah enggak selezat ayam-ayam yang masih produktif bertelur.

Atas alasan itulah, ayam-ayam yang sudah tua lalu dimanfaatkan untuk membuat olahan ayam yang dibekukan atau nugget ayam.

Daging ayam yang sudah tua disebut sudah memengaruhi rasa menjadi kurang lezat sehingga mendorong perubahan cara pemprosesan nugget ayam dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Meski Praktis, Ini 4 Dampak Kesehatan dari Terlalu Sering Mengonsumsi Frozen Food