Find Us On Social Media :

Fakta Asteroid 2023 BU, Benda Langit yang Akan Melintasi Bumi Pada 27 Januari

Asteroid 2023 BU adalah asteroid yang akan melintasi Bumi pada 27 Januari 2023. Apa saja fakta menariknya?

GridKids.id - Kids, NASA mengabarkan tentang Asteroid 2023 BU makin mendekat ke planet Bumi.

Pada artikel GridKids sebelumnya, kamu sudah belajar tentang apa yang terjadi jika asteroid menabrak planet Bumi.

Nah, tentu setelah mendengar kabar bahwa ada asteroid yang makin mendekati Bumi dan diperkirakan akan melintasi Bumi pada Kamis (26/10/2023) hari ini.

Asteroid BU 2023 ditemukan oleh seorang astronom bernama Gennadiy Borisov menggunakan Crimean Astrophysical Observatory pada 21 Januari lalu.

Setelah dianalisis badan orbitnya mengindikasikan bahwa asteroid ini makin dekat dengan planet Bumi, para peneliti mulai memperhatikan pergerakannya dengan lebih seksama.

Ukuran asteroidnya berkisar antara 3,8 - 8,4 meter, sehingga jika sampai menuju dan menubruk bumi akan secara otomatis terburai menjadi ribuan serpihan yang akan terbakar habis oleh atmosfer bumi.

Berdasarkan Jet Propulsion Laboratory Center for the Study of Near-Earth Objects milik NASA, asteroid ini bekerja dengan kecepatan sekitar 9, 26 kilometer per detik.

NASA mengungkap bahwa posisi Asteroid 2023 BU enggak berisiko menimbulkan dampak buruk karena ukurannya yang enggak terlalu besar.

Selebihnya, jika asteroid ini terus menuju ke Bumi dan terjadi kontak diperkirakan akan terkikis di atmosfer sebelum sampai ke permukaan Bumi.

Berdasarkan Center for Near- Earth Object Studies (CNEOS), Asteroid 2023 BU memiliki waktu mengorbit pada bintang utamanya selama 425 hari dan enggak akan mendekat ke planet Bumi hingga 6 Desember 2036 mendatang.

Lalu, apa saja yang harus kamu ketahui tentang Asteroid 2023 BU yang makin mendekati Bumi ini?

Baca Juga: Apakah yang Akan Terjadi Jika Asteroid Menabrak Planet Bumi?