Find Us On Social Media :

Sistem Ekskresi atau Pembuangan: Fungsi dan Peranannya, IPA Kelas 8 SMP

Sistem ekskresi dalam tubuh manusia membantu mengeluarkan sisa metabolisme tubuh.

GridKids.id - Kids, artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini masih membahas materi IPA Kelas 8 SMP Bab 2 tentang Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup.

Dalam buku materi IPA Kelas 8 SMP Bab 2 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud hlm. 76-77 menjelaskan tentang sistem ekskresi dalam tubuh manusia dan peranannya.

Sistem ekskresi pada manusia adalah sebuah sistem yang bertugas mengolah dan membuang zat sisa metabolisme dan racun dalam tubuh.

Zat-zat sisa metabolisme itu harus dikeluarkan dari tubuh supaya enggak menimbulkan masalah atau gangguan kesehatan pada diri seseorang.

Enggak hanya terjadi pada manusia, makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan juga melalui proses ekskresi ini sebagai salah satu rutinitas rutinnya.

Sistem ekskresi akan mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme dari dalam tubuh yang merupakan hasil pembongkaran makanan yang berhasil dicerna oleh organ atau alat-alat ekskresi.

Sistem ekskresi pada tubuh manusia berperan dalam proses menjaga keseimbangan tubuh dengan cara mengeluarkan zat-zat dari dalam tubuh dan mengatur keseimbangan air di dalamnya.

Tiap alat ekskresi manusia punya zat metabolisme berbeda yang dihasilkan, misalnya empedu, karbon dioksida, hingga urea.

Kali ini kamu akan diajak mempelajari tentang proses bagaimana sampah-sampah sisa metabolisme tubuh dibuang ke luar tubuh.

Artikel kali ini juga akan mengajakmu memerhatikan cara memelihara tubuh supaya tetap sehat dan bisa menghilangkan racun-racun dalam tubuh dengan car yang tepat.

Berikutnya kamu akan diajak melihat seperti apa fungsi dan peranan sistem ekskresi dalam tubuh manusia. Seperti apa fungsinya?

Baca Juga: Sistem Ekskresi: Tahapan Pembuangan Urine Tubuh, Biologi Kelas 9 SMP