Find Us On Social Media :

Kenapa Integrasi Nasional Diperlukan untuk Mewujudkan Cita-Cita Bangsa Indonesia?

Integrasi nasional adalah salah satu cara yang digunakan untuk mewujudkan cita-cita bangsa majemuk yang ingin bersatu dan terus berdaulat.

GridKids.id - Indonesia adalah negara kepulauan yang banyak wilayahnya berupa pulau-pulau yang terpisah satu sama lainnya.

Kondisi geografis Indonesia mendorong tumbuh dan berkembangnya perbedaan dan keberagaman budaya pada masyarakatnya.

Perbedaan di tengah masyarakat ini haruslah disiasati dengan adanya kesadaran untuk menciptakan integrasi nasional.

Perbedaan merupakan potensi yang bisa menciptakan sebuah kekompakan bangsa yang besar dan bhinneka tunggal ika.

Namun, enggak bisa dipungkiri bahwa pada kenyataannya perbedaan sering jadi pemicu konflik atau permasalahan sosial dalam masyarakat.

Perbedaan yang disikapi dengan bijaksana akan mendorong masyarakat menumbuhkan karakter bangsa yang bisa menghargai dan memeluk perbedaan yang ada di antaranya.

Upaya mewujudkan integrasi nasional diharapkan bisa memunculkan karakter bangsa yang bisa menghargai dan bertoleransi terhadap perbedaan yang ada dalam suku, agama, ras, dan antargolongan.

Dilansir dari serupa.id, kebhinnekaan merupakan sebuah realitas bangsa yang enggak bisa disisihkan keberadaannya dari sejarah panjang kehidupan bangsa Indonesia.

Inilah yang membuat faktor bhinneka tunggal ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang majemuk akan jadi satu alasan yang bisa merekatkan kehidupan bangsa Indonesia yang beragam.

Indonesia sebagai sebuah negara memiliki beberapa alat pemersatu bangsa, di antaranya:

Baca Juga: Keberagaman Budaya Memperkokoh Integrasi Bangsa, IPS Kelas 7 SMP Tema 4

Kenapa Integrasi Nasional Harus Diwujudkan dan Dijaga Baik?