Find Us On Social Media :

6 Prosedur Manuver Heimlich untuk Membantu Anak-Anak yang Tersedak

Manuver Heimlich adalah sebuah prosedur yang digunakan untuk mengatasi orang yang tersedak dan butuh pertolongan cepat.

GridKids. id - Kids, beberapa waktu lalu kamu sudah diajak mengenal pertolongan pertama pada kondisi tersedak.

Nah, salah satu cara atau langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi kondisi krisis tersebut adalah dengan melakukan manuver heimlich.

Manuver heimlich adalah salah satu prosedur atau cara yang dilakukan dengan mendorong perut untuk mengeluarkan benda asing dari dalam saluran pernapasan.

Prosedur manuver heimlich pertama kali dikenalkan oleh dokter Henry Heimlich pada 1974 sebagai pertolongan pertama dan cepat untuk menyelamatkan jiwa orang yang tersedak.

Manuver Heimlich hanya bisa dilakukan ketika orang yang tersedak masih dalam kondisi sadar dan menunjukkan beberapa gejala.

Beberapa gejala yang dimaksud seperti kesulitan bicara, bernapas, enggak bisa batuk, hingga mengalami perubahan warna pada kuku, kulit, dan bibir yang membiru atau berubah abu-abu.

Jika ada orang yang tersedak tapi masih bisa bicara atau bernapas dengan normal, kamu enggak perlu melakukan manuver Heimlich, ya, Kids.

Kamu bisa membantu orang yang tersedak itu supaya batuk dan berhasil mengeluarkan benda asing dari tenggorokannya.

Manuver Heimlich hanya boleh dilakukan ketika kondisi terdesak mengancam nyawa seseorang dan dibutuhkan pertolongan medis sesegera mungkin.

Lalu, bagaimanakah cara melakukan prosedur manuver Heimlich pada anak-anak yang tersedak?

Cara melakukan Manuver Heimlich pada Anak-Anak yang Tersedak

Baca Juga: 5 Pertolongan Pertama Ketika Tersedak, Salah Satunya Manuver Heimlich