Find Us On Social Media :

7 Badan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Tujuan Berdirinya

Perserikatan bangsa-bangsa adalah organisasi antarbangsa yang ingin mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan sosial negara anggotanya.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu mendengar tentang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan perannya bagi berbagai isu dunia?

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merupakan sebuah organisasi antarbangsa yang didirikan pada 24 Oktober 1945 dan bertujuan mendorong kerja sama antarbangsa di dunia.

Dilansir dari laman kemlu.go.id, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) didirikan di San Fransisco, Amerika Serikat pasca berakhirnya Perang Dunia II.

Sidang Majelis Umum pertamanya diselenggarakan pada 10 Januari 1946, di Church House, London dan dihadiri oleh 51 perwakilan negara-negara dunia.

Saat ini, tercatat ada 193 negara anggota PBB yang semuanya bergabung dan menyatakan independensinya masing-masing.

Sejak pertama kali berdiri, PBB sudah berkomitmen penuh memelihara perdamaian dan keamanan internasional, mengembangkan hubungan persahabatan antar negara, promosi pembangunan sosial hingga peningkatan standar hidup yang layak dan HAM.

PBB berperan dalam menjaga perdamaian, pencegahan konflik, hingga memberi bantuan kemanusiaan.

Kali ini kamu akan diajak melihat badan khusus di bawah naungan PBB beserta fungsi dan peranannya.

Badan khusus PBB merupakan organisasi internasional yang bersifat otonom di bawah naungan PBB yang mendapat pembiayaan sukarela dan kontribusi wajib.

Selanjutnya kamu akan diajak melihat badan-badan khusus di bawah PBB beserta dengan fungsi dan peranannya, di antaranya:

Badan Khusus di Bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Baca Juga: 6 Badan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Tugasnya