Find Us On Social Media :

Makanan dan Sistem Pencernaan: Tabel Informasi Nilai Gizi, IPA Kelas 8 SMP

Tabel Informasi nilai gizi biasanya tertera dalam makanan kemasan. Keterangan ini berguna untuk konsumen bisa memilih makanan yang sesuai untuk kesehatannya.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) masih membahas tentang materi IPA Kelas 8 SMP Bab 2 tentang struktur dan fungsi tubuh makhluk hidup.

Dalam buku materi IPA Kelas 8 SMP Bab 2 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 45-46 membahas tentang Tabel Informasi Nilai Gizi.

Setelah artikel BDR sebelumnya mengajakmu membahas tentang makanan sehat dan asupan makanan bergizi, kali ini kamu akan diajak mengetahui informasi nilai gizi pada sebuah makanan.

Tabel informasi nilai gizi biasanya tertera dalam label makanan yang berisikan rincian komposisi bahan baku dan tabel informasi nilai gizinya.

Tabel informasi nilai gizi berisi takaran saji, kalori, dan Persentase Angka Kecukupan Gizi (%AKG), yang rinciannya sebagai berikut:

Keterangan dalam Tabel Informasi Nilai Gizi

1. Takaran Saji

Keterangan ini menunjukkan jumlah berat per kemasan dalam satu kali penyajian.

Dalam kasus ini berat makanan per satu bungkus tertera untuk sekali penyajian atau porsinya.

2. Energi Total

Keterangan ini menunjukkan banyak atau total kalori (kkal) yang akan didapat ketika mengonsumsi makanan dalam kemasan tersebut.

Energi dari lemak ini akan menunjukkan besarnya sumbangan kalori dari lemak yang ada di dalam sebuah makanan.