Find Us On Social Media :

Apa yang Membuat Orang Masih Percaya Mitos di Zaman Modern? #AkuBacaAkuTahu

Mitos adalah kepercayaan yang berkembang di tengah masyarakat, meski banyak di antaranya yang enggak bisa dijelaskan secara ilmiah atau logis.

GridKids.id - Kids, sebagai orang Indonesia kamu pasti enggak asing dengan berbagai kisah atau mitos yang beredar di berbagai daerah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mitos merupakan cerita suatu bangsa tentang dewa dan pahlawan zaman dahulu, mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa itu, memiliki arti mendalam yang diungkap dengan cara yang gaib.

Mitos masih ada di tengah masyarakat meski kehidupan mayoritas masyarakat dunia sudah sampai ke tahap modern dan logis.

Mitos yang berkembang di tengah masyarakat punya bentuk beragam, misalnya legenda, pepatah, hingga pantangan yang biasanya akan dipatuhi oleh masyarakat lokal di suatu daerah.

Masyarakat cenderung patuh dan meyakini mitos yang beredar di masyarakat karena berkaitan dengan nilai religiusitas dan spiritual yang dimiliki masing-masing anggota masyarakat.

Masyarakat percaya jika mitos dilanggar dengan sengaja maka bisa membawa malapetaka bagi diri sendiri hingga seluruh masyarakat yang ada di suatu wilayah.

Dilansir dari kompas.com, menurut Prof. Brian Cronk psikolog dari Missouri Western State University, keberadaan mitos di tengah masyarakat sampai saat ini adalah karena manusia selalu mencoba mencari alasan di balik peristiwa yang terjadi dalam hidupnya.

Meski manusia pada akhirnya akan menemukan jawaban yang lebih aneh dan enggak masuk akal, pada akhirnya manusia akan berusaha mencari penjelasan aneh lain supaya rasa penasarannya terjawab.

Meski banyak mitos di tengah masyarakat yang enggak masuk akal dan enggak bisa dijelaskan secara logis, kenapa masih ada masyarakat yang percaya dan meyakininya?

Alasan Banyak Orang Masih Percaya Mitos

1. Diajarkan Turun Temurun

Kepercayaan masyarakat pada mitos adalah bentuk ajaran yang diwariskan dari generasi-generasi jauh sebelum keberadaan mereka.