Find Us On Social Media :

Raja Laut, Kekuatan Maritim Kerajaan Nusantara Zaman Dahulu #AkuBacaAkuTahu

Raja laut merupakan salah satu kekuatan maritim yang tercatat dalam sejarah maritim nusantara.

GridKids.id- Kids, pada artikel #AkuBacaAkuTahu sebelumnya kamu sudah diajak untuk mengenal orang laut atau suku laut, suku bahari yang disebut punya budaya maritim murni asli Indonesia.

Nah, artikel kali ini akan mengajakmu belajar tentang salah satu kekuatan maritim nusantara yang tercatat dalam sejarah yaitu Raja Laut.

Ketika mendengar sebutan ini apakah kamu membayangkan sosok seorang raja yang bertahta di singgasana laut?

Ternyata Raja Laut yang dimaksud bukan sosok seorang manusia berkuasa, nih.

Dalam buku berjudul Orang Laut, Bajak Laut, Raja Laut: Sejarah Kawasan Laut Sulawesi abad XIX karya Adrian B. Lapian (2009), raja laut merupakan kapal atau perahu yang jadi kekuatan laut raja-raja di kawasan Asia Tenggara.

Kapal-kapal dan perahu ini akan menjalankan tugasnya sebagai kekuatan yang mendominasi kawasan perairan kerajaan.

Hal ini dilakukan supaya enggak ada perahu atau kapal asing yang sembarangan masuk ke dalam wilayah teritorial kerajaan.

Eksistensi raja laut enggak bisa diabaikan dalam sejarah maritim karena jadi salah satu kekuatan yang dimiliki oleh kerajaan atau kesultanan.

Gelar raja laut kala itu sebenarnya dipegang oleh tokoh yang memimpin kekuatan laut kerajaan tertentu yang bersifat resmi dan diakui negara.

Hal inilah yang membedakan raja laut dengan eksistensi bajak laut, yang mendominasi wilayah perairan secara ilegal atau tandingan dari kekuatan armada raja laut.

Sedangkan orang laut merupakan masyarakat atau kelompok yang belum terorganisasi atau dilibatkan menjadi bagian dari sebuah negara atau kerajaan karena pola hidup nomadennya.

Baca Juga: Mengenal Orang Laut, Suku Bahari Asli Indonesia #AkuBacaAkuTahu