Find Us On Social Media :

Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Pendidikan

Perkembangan IPTEK di masa kini mendorong banyak kemajuan di berbagai bidang, salah satunya di bidang pendidikan.

GridKids.id - Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat memengaruhi berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Hampir sulit menemukan bidang kehidupan yang enggak tersentuh IPTEK saat ini, karena peradaban manusia terus berkembang menjadi lebih beradab dari waktu ke waktu.

Beradab dan makin tertatanya masyarakat masa kini enggak bisa dilepaskan dari IPTEK dan pengaruhnya pada bidang pendidikan.

Perkembangan teknologi yang seiring waktu semakin canggih lahir dari inovasi dan kreativitas manusia dalam menciptakan berbagai teknologi yang bermanfaat.

Teknologi digital misalnya yang selama masa pandemi COVID-19 menjadi salah satu penyokong kegiatan pendidikan jarak jauh (PJJ).

Adanya teknologi digital ini tentunya memungkinkan kegiatan belajar mengajar bisa berkembang dengan pesat dan efisien.

Kini proses belajar mengajar bisa dilakukan tanpa harus tatap muka, guru tetap bisa mengajar dari jauh dan memantau kegiatan murid melalui tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan.

Sama halnya seperti murid-murid yang mulai membiasakan diri dengan model pembelajaran mandiri.

Dari situlah bisa memungkinkan murid untuk menemukan berbagai sumber belajar alternatif yang makin mendukung upaya belajar dan mencari pengetahuannya.

Selain itu, kini makin banyak media dan aplikasi belajar yang variatif sehingga bisa menghalau kebosanan para pelajar dalam mempelajari berbagai materi yang harus dikuasai.

Guru juga semakin variatif dalam mengembangkan metode belajar siswa, berbagai presentasi dan makalah menarik bisa dibuat untuk menunjang semangat belajar siswanya.

Baca Juga: Contoh Pengaruh Kemajuan IPTEK terhadap NKRI dalam Berbagai Bidang