Find Us On Social Media :

Jawab Pertanyaan PPKn Kelas X SMA: Apa Arti Kedaulatan bagi NKRI?

(ilustrasi) Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut kedaulatan rakyat.

GridKids.id - Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari tentang materi wawasan kebangsaan.

Kali ini sesuai dengan buku Kurikulum Merdeka materi PPKn kelas X SMA terdapat pertanyaan tentang arti kedaulatan bagi NKRI.

Istilah 'kedaulatan' secara etimologis diambil dari bahasa Arab yaitu 'daulah' yang berarti kekuasan, sedangkan dalam bahasa Latin ialah 'supremus' dengan arti tertinggi.

Sementara menurut KBBI, kedaulatan ialah kekuasaan tertinggi atas pemerintahan negara, daerah, dan sebagainya.

Sederhananya, kedaulatan diartikan sebagai hak eksklusif untuk menguasai suatu wilayah pemerintahan dan masyarakat, Kids.

Melansir dari intisari.grid.id, kedaulatan sudah ada sejak dahulu, di mana pada zaman dahulu rajalah yang paling berkuasa dan punya kekuasaan tertinggi.

Tak hanya kedaulatan raja, kedaulatan di berbagai negara ada beberapa jenis, yaitu kedaulatan rakyat, kedaulatan negara, kedaulatan hukum, dan kedaulatan Tuhan.

Tahukah kamu? Negara kesatuan ialah bentuk negara yang bersifat tunggal dan enggak tersusun dari beberapa negara yang memiliki kedaulatan.

Diketahui bentuk negara yang dianut oleh Indonesia sejak Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 adalah kesatuan.

Maka dari itu, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara yang berbentuk kesatuan dengan bentuk pemerintahan republik dengan nama Indonesia.

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut kedaulatan rakyat, Kids.

Baca Juga: Materi PPKn Kelas X SMA: Mengenal Wawasan Kebangsaan dalam Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air